Politik kemarin, sengketa pilkada hingga pembatasan bepergian ASN

Politik kemarin, sengketa pilkada hingga pembatasan bepergian ASN

Ilustrasi - Petugas keamanan melintas di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (23/5/2019). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc/pri.

Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 21/12) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, yakni 14 permohonan sengketa hasil pilkada yang diterima Mahkamah Konstitusi (MK) hingga SE Menteri PAN-RB tentang pembatasan bepergian keluar kota bagi aparatur sipil negara (ASN) saat libur Natal dan Tahun Baru.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

MK terima 114 permohonan sengketa hasil Pilkada 2020

Mahkamah Konstitusi hingga Senin pukul 22.00 WIB menerima sebanyak 114 permohonan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah baik gubernur, bupati dan wali kota, secara langsung maupun daring.

Dikutip dari laman Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Senin, untuk pemilihan gubernur, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bengkulu Agusrin Maryono-Imron Rosyadi merupakan yang pertama dan masih satu-satunya yang mengajukan permohonan.

Selengkapnya di sini


Gibran bantah terlibat dalam korupsi Mensos

Putra Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, membantah adanya informasi bahwa pihaknya terlibat dalam kasus dugaan korupsi bantuan sosial Menteri Sosial Juliari Batubara.

Melalui siaran pers, Jakarta, Senin, Gibran menekankan bahwa pihaknya tidak pernah ikut campur atau merekomendasikan pengadaan goodie bag dari PT Sritex yang digunakan sebagai wadah paket bansos yang dibagikan Kemensos.

Selengkapnya di sini


Hanura persiapan hadapi verifikasi administrasi-faktual Pemilu 2024

Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dalam peringatan HUT ke-14 partainya, meminta kepada semua jajaran pengurus agar menyiapkan semua persyaratan sesuai undang-undang untuk bisa mengikuti verifikasi administrasi dan faktual partai politik untuk Pemilu 2024.

"Langkah taktis dan strategis partai politik yang terpenting adalah bagaimana bisa dengan mudah memenuhi persyaratan sebagai parpol peserta Pemilu di Pemilu 2024 mendatang," kata OSO dalam pidatonya di peringatan HUT ke-14 Partai Hanura dan Bulan Bhakti Hanura, yang disiarkan secara virtual, Senin.

Selengkapnya di sini


KITA ingatkan problem komunikasi publik kepada masyarakat

Ketua Umum Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) K.H. Maman Imanulhaq mengingatkan adanya problem komunikasi publik pemerintah kepada masyarakat berkaitan dengan kebijakan publik.

Kang Maman, sapaan akrabnya, dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa kesimpulan itu dari hasil safari politik ke sejumlah wilayah di Jawa Barat.

Selengkapnya di sini


Menpan RB terbitkan SE pembatasan bepergian ASN saat libur Nataru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menerbitkan surat edaran (SE) pembatasan bepergian keluar kota bagi aparatur sipil negara (ASN) saat libur natal dan tahun baru (Nataru) guna mencegah penularan COVID-19.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menpan-RB Nomor 72 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian dan Pengetatan Pemberian Cuti bagi Pegawai ASN Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Antisipasi putusan sengketa pilkada, Polda Kalteng siagakan pasukan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar