Paduan suara binaan DKI sabet Consorco Corale Internazionale Roma 2020

Paduan suara binaan DKI sabet Consorco Corale Internazionale Roma 2020

Personel Jakarta Youth Choir foto bersama usai penampilan dalam ajang Consorco Corale Internazionale Roma 2020. ANTARA/HO/ Dokumentasi Jakarta Youth Choir.

Jakarta Youth Choir berdiri sejak 2015 dan telah memiliki puluhan penghargaan nasional dan internasional
Jakarta (ANTARA) - Paduan suara binaan Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta ,Jakarta Youth Choir, berhasil menyabet predikat terbaik dalam Consorco Corale Internazionale Roma 2020 yaitu sebuah perlombaan paduan suara bertaraf internasional.

Kemenangan yang diraih oleh Jakarta Youth Choir (JYC) itu diapresiasi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Paduan Suara Universitas Pancasila launching secara virtual

"Tentu ada kesulitan tersendiri, terlebih dunia sedang menghadapi pandemi. Namun pandemi tidak menyurutkan semangat tim JYC untuk berupaya menjadi yang terbaik. Alhamdulillah, hasilnya seluruh delegasi JYC telah memukau dunia. Ini adalah bukti kerja keras, kolaborasi pemuda-pemudi berprestasi di Jakarta. Kami akan terus mendukung JYC untuk meraih puncak-puncak baru," kata Anies dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kepala Dispora DKI Jakarta Achmad Firdaus menyebutkan prestasi JYC merupakan bentuk semangat dan teladan bagi anak-anak muda Jakarta untuk terus kreatif dan berprestasi walaupun dalam situasi pandemi.

Baca juga: Lima kafilah Jakarta Utara raih juara STQ XXVI tingkat Provinsi DKI

"Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan anak-anak muda di Ibukota untuk berkarya dan mengharumkan nama tidak hanya Jakarta, tapi juga Indonesia di kancah internasional," ujar Achmad.

Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda Dispora DKI Jakarta sekaligus pembina JYC Ponirin Ariadi Limbong pun menambahkan JYC memenangi grand prix dan menjadi juara dalam empat dari enam kategori yang dilombakan.

"Medali emas kita dapat dari empat kategori yakni, kategori Tradizional Music, Choreographic Folklore, Polyphonic, Music Male Choir, dan Pop-Modern-World Fussion. Prestasi ini disempurnakan dengan meraih kategori utama atau Grand Prix Winner dengan nilai 29,5 dari total 30 poin," ujar Limbong.

Baca juga: Tiga siswa Jakarta torehkan prestasi pada ajang debat di AS

Penghargaan untuk JYC itu diserahkan secara simbolis dan virtual oleh Panitia Chorus Inside Internasional kepada Konduktor Jakarta Youth Choir Septo Adi Kristianto Simanjuntak pada Minggu (20/12) petang waktu Roma.

Jakarta Youth Choir berdiri sejak 2015 dan telah memiliki puluhan penghargaan nasional dan internasional.

Tahun 2020 merupakan tahun ketiga Jakarta Youth Choir meraih juara internasional. Pada 2019, enam penghargaan berhasil diraih melalui ajang The XXVII International Choir Festival and Competition of Sacred Music, 'Cantate Domino' 2019 yang berlangsung di Lithuania.

Sementara pada 2018, tim JYC berhasil meraih penghargaan pada ajang Oriental Choir Competition International di Singapura; Joy Dancing Beijing Festival di Tiongkok; serta Chorus Inside Advent International Choir Competition di Roma, Italia yang berhasil menjadi juara di semua kategori.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Antisipasi banjir, Pemprov DKI Jakarta siapkan 5 langkah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar