125 orang sembuh, satu kecamatan di Batam jadi zona merah muda

125 orang sembuh, satu kecamatan di Batam jadi zona merah muda

Data COVID-19 Kota Batam Kepulauan Riau. ANTARA/Naim

Batam (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam  mencatat jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari paparan virus corona di kota itu bertambah 125 orang, membuat satu kecamatan yang awalnya bersatus zona merah berubah menjadi merah muda.

Dalam keterangan tertulis Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam, Selasa, sembilan warga Kecamatan Sei Beduk sembuh, sehingga kini tertinggal 17 orang yang masih dirawat. Karena itu kecamatan yang padat kawasan industri berubah menjadi zona merah muda.

Sedangkan delapan kecamatan di pulau utama lainnya masih berstatus zona merah, dengan lebih dari 20 orang masih dirawat karena COVID-19.

Baca juga: 4.807 warga Batam positif COVID-19

Selain 125 orang sembuh, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Batam juga mencatat tambahan 24 orang positif terpapar virus corona. Sebanyak 11 orang di antaranya bergejala, sembilan orang tanpa gejala dan empat orang lainnya terkonfirmasi kontak erat dengan pasien terpapar sebelumnya.

"Dengan tambahan itu, maka total 4.831 warga positif COVID-19, 4.257 orang dinyatakan sembuh, 124 orang meninggal, dan 450 orang lainnya masih dalam perawatan," kata Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Batam, Didi Kusmarjadi.

Baca juga: Pelayanan IGD RSUD Batam ditutup

Terpisah, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, karena pandemi COVID-19 belum usai.

"Sekarang jumlahnya sudah mendekati 5.000 orang. Jumlah yang masih dirawat sekitar 450 orang. Setiap hari (warga yang terpapar) masih bertambah," kata dia.

Ia mengingatkan, ekonomi Batam bisa pulih, hanya bila pandemi COVID-19 bisa dikalahkan. Karenanya masyarakat harus selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu mengenakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca juga: Pemkot Batam tambah perlengkapan tes usap PCR yang mulai menipis
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar