MNC Kapital fokus kembangkan bisnis keuangan digital

MNC Kapital fokus kembangkan bisnis keuangan digital

Jajaran direksi MNC Kapital menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). (ANTARA/HO-MNC Kapital)

Melalui berbagai unit usaha di bawah MNC Kapital, perseroan siap ikut serta dalam memperkuat pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan menjadi pelopor penyedia jasa keuangan digital terintegrasi. ...
Jakarta (ANTARA) - PT MNC Kapital Indonesia Tbk akan fokus mengembangkan dan mengakselerasi bisnis keuangan digital sejalan dengan dinamika industri jasa keuangan yang juga semakin kompetitif.

"Melalui berbagai unit usaha di bawah MNC Kapital, perseroan siap ikut serta dalam memperkuat pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan menjadi pelopor penyedia jasa keuangan digital terintegrasi. Seterusnya MNC Kapital akan terus tumbuh dan memberikan kontribusi maksimal melalui sinergi dan digitalisasi," kata Direktur MNC Kapital Ageng Purwanto dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Ageng menuturkan perkembangan entitas anak emiten berkode saham BCAP tersebut telah memberikan kontribusi yang baik dan positif terhadap kinerja bisnis perseroan di tengah tantangan di masa-masa pandemi COVID-19. Hingga 30 September 2020, perseroan telah berhasil membukukan pendapatan konsolidasian hampir Rp1,8 triliun dengan laba bersih Rp16,8 miliar.

Baca juga: Phapros salurkan dana kemitraan Rp3 miliar dukung kemajuan UMKM

Perseroan dan entitas anak telah memberikan fokus khusus pada pengembangan layanan keuangan digital guna memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu anak perusahaan perseroan yaitu MNC Bank yang telah berhasil meluncurkan aplikasi mobile banking dengan nama Motion. Aplikasi tersebut merupakan realisasi dari strategi digital MNC Bank menuju branchless bank di masa yang akan datang.

MNC Bank juga baru saja meluncurkan program Tabungan Dahsyat. Tabungan Dahsyat merupakan program unggulan untuk memberikan nilai lebih kepada nasabah baru maupun eksisting berupa kesempatan mendapatkan hadiah miliaran rupiah sepanjang tahun dengan mekanisme berupa hadiah langsung maupun dengan undian berdasarkan syarat dan ketentuan program.

Selain mobile banking Motion, perseroan juga memiliki SPIN, aplikasi uang elektronik, dompet elektronik dan transfer digital. SPIN, bekerja sama dengan MNC Media meluncurkan e-TV Mall, acara televisi yang memudahkan pemirsa membeli produk yang ditawarkan hanya dengan scan kode QRIS yang ditayangkan.

"Dalam waktu dekat, SPIN akan meluncurkan fitur program loyalitas pelanggan, yang akan menggabungkan berbagai platform digital di MNC Group, mulai dari media, seperti RCTI+ dan Vision+, sampai dengan seluruh platform digital di bawah jasa keuangan. Dalam program ini, pelanggan dapat memperoleh penawaran menarik untuk terus bertransaksi di dalam ekosistem MNC Group," ujar Ageng.

Baca juga: Perusahaan kosmetik Victoria Care resmi melantai di bursa

Perseroan juga telah meluncurkan Hario yang merupakan aplikasi asuransi berbasis digital yang lengkap dengan menyediakan berbagai produk asuransi jiwa, kesehatan, serta produk asuransi umum seperti asuransi rumah, asuransi kendaraan bermotor dan perjalanan. Fitur-fitur baru yang lebih memberikan kenyamanan kepada pelanggan juga telah selesai dikembangkan seperti pengajuan klaim secara daring, layanan 24 jam live chat, konsultasi kesehatan gratis dan berbagai program promosi menarik.

Platform digital lainnya yang telah berjalan adalah MNC Trade New dari MNC Sekuritas. MNC Trade memiliki fitur untuk memaksimalkan investasi, mulai dari update rutin kondisi pasar saham, hingga riset pergerakan teknis, dan analisis fundamental dari tim riset di MNC Sekuritas. Selain itu, untuk memperluas layanan dan meraih pangsa pasar reksadana, saat ini MNC Sekuritas sedang melengkapi platform MNC Trade dan dalam proses perijinan sebagai penjual reksadana online.

Perseroan juga merambah ke bidang pembiayaan online. Salah satu anak usaha Perseroan, MNC Finance, menawarkan berbagai kemudahan kepada nasabah dalam memperoleh pembiayaan kendaraan dan rumah tinggal, juga telah dilengkapi dengan aplikasi digital bernama Bang Kredit.

Selain itu, saat ini perseroan sedang dalam tahap mengembangkan aplikasi pembiayaan dana haji berbasis digital bernama SIAP HAJI sebagai produk syariah di bawah unit usaha MNC Guna Usaha Indonesia.

"Perseroan juga sedang mengembangkan aplikasi P2P lending yang merupakan rencana perseroan dalam meningkatkan bisnis pembiayaan mikro. Secara arsitektur strategi layanan keuangan digital terintegrasi, aplikasi P2P lending ini nantinya akan menjadi salah satu bagian penting dalam ekosistem penyaluran kredit bagi nasabah SPIN, MNC Bank, MNC Finance dan MNC Guna Usaha," ujar Ageng.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) MNC Kapital baru saja menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan. Perseroan mengangkat Sukisto sebagai komisaris independen perseroan serta Peter Fajar sebagai direktur perseroan.

"Melalui struktur manajemen baru tersebut diharapkan dapat mendukung upaya perseroan dalam mengakselerasi kinerja bisnis yang dijalankan dengan tetap berkomitmen pada prinsip kehati-hatian," kata Ageng.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penutupan perdagangan, ini capaian BEI sepanjang 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar