Jakarta (ANTARA) - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan pengamanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa, untuk memastikan kesiapan jajarannya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang jelang libur termasuk dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan para pemudik.

Istiono mengatakan jajaran di lapangan sudah sangat siap.

Ia juga memastikan anggotanya mengawal proses penerapan protokol kesehatan, salah satunya adalah pelaksanaan rapid test antigen untuk para penumpang dan armada bus.

Baca juga: Kakorlantas pastikan tidak ada check point selama Ops Lilin 2020

"Hari ini saya melakukan pengecekan sejauh mana Terminal Pulo Gebang ini menyiapkan fasilitasi pelaksanaan protokol COVID-19. Pada momen Tahun Baru ini semuanya harus berorientasi pada pencegahan COVID-19," kata Istiono.

Istiono menyatakan puas dengan sistem pengamanan serta metode yang dilakukan jajaran Kementerian Perhubungan.

Rapid test antigen secara acak, menurut dia, berjalan dengan baik tanpa adanya kerumunan.

"Kita lihat faktanya di sini, langkah-langkah yang dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Darat sangat bagus. Dilaksanakan random check antigen kepada pemudik, penumpang, dan armadanya. Semua dicek dan pelaksanaannya baik," ujarnya.

Baca juga: Cegah corona Korlantas gelar tes swab antigen saat Ops Lilin 2020

Sementara Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pihaknya bersinergi dengan Polri serta TNI untuk mengawal pengamanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Budi memastikan rapid test antigen dilaksanakan di Terminal Pulo Gebang secara acak.

"Seperti yang disampaikan pak Kakorlantas bahwa pengecekan rapid antigen ini random. Untuk penumpang, armadanya juga, sopirnya juga. Karena kami sudah dibantu oleh BNPB secara gratis rapid antigen di Pulo Gebang ini," tutur Budi.

Baca juga: Jelang Natal Kakorlantas lepas tim Pamatwil Operasi Lilin 2020

Kedatangan Istiono ini didampingi Dirsamapta Korsabhara Irjen Pol Fachruz, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020