Kemendes beri penghargaan 16 desa PPU tercepat salurkan BLT-DD

Kemendes beri penghargaan 16 desa PPU tercepat salurkan BLT-DD

Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten PPU Nurbayah (kanan) menyerahkan piagam penghargaan kepada desa di Kecamatan Babulu yang tercepat menyerahkan BLT-DD, Selasa (22/12) (Antara/ M Ghofar)

Penajam (ANTARA) -
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberi penghargaan untuk 16 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim, karena tercepat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa (BLT-DD).
 
"Sebanyak 16 desa yang menerima piagam penghargaan tersebar pada semua kecamatan (empat kecamatan) di PPU," ujar Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten PPU Sulfadli di Babulu, Selasa.
 
Sebanyak 16 desa yang menerima piagam penghargaan atas penyaluran BLT-DD tahap pertama itu adalah di Kecamatan Babulu ada enam desa, yakni Desa Babulu Darat, Gunung Makmur, Sebakung Jaya, Rawa Mulia, Sri Raharja, Rintik, dan Desa Labangka Barat.

Baca juga: Pemkab Penajam minta dukungan Kemendes kembangkan SDM lokal
 
Di Kecamatan Waru ada tiga desa, yakni Bangun Mulyo, Sesulu, dan Desa Api-Api. Kecamatan Penajam satu desa, yakni Sidorejo.
 
Kemudian di Kecamatan Sepaku ada lima desa, yakni Desa Tengin Baru, Bukit Raya, Sukaraja, Argomulyo, dan Desa Telemow.
 
Piagam penghargaan untuk desa-desa di Kecamatan Babulu sudah diserahkan oleh pihaknya, bersamaan dengan acara sosialisasi aplikasi Jaga Desa oleh Kejaksaan Negeri PPU dan pihak terkait di Kantor Camat Babulu, Selasa ini.
 
Sementara Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU Nurbayah mengatakan, penyaluran BLT-DD tahap pertama total penerimanya sebanyak 2.360 kepala keluarga (KK).
 
"Masing-masing KK menerima BLT senilai Rp600 ribu, sehingga total BLT-DD yang diserahkan waktu itu mencapai Rp1,41 miliar lebih. Sedangkan saat ini sudah penyaluran BLT-DD tahap 8 dan tahap 9," ucap Nurbayah.

Baca juga: Kemendes PDTT dan Bank Dunia perkuat kerja sama bangun desa
Baca juga: Gus Menteri Minta Penggunaan Dana Desa 2020 Dipercepat
Baca juga: Mendes PDTT optimistis pembangunan desa bisa tercapai dengan SDGs Desa

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Desa-desa tertinggal berpeluang menjadi desa wisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar