Kemarin, sumber dana PEN hingga strategi bangkitkan pariwisata

Kemarin, sumber dana PEN hingga strategi bangkitkan pariwisata

Tangkapan layar - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2021 di Jakarta, Selasa (22/12/2020). ANTARA/Tangkapan layar Youtube PerekonomianRI/pri. (ANTARA/Tangkapan layar Youtube PerekonomianRI)

Sebanyak 56 persen surat obligasi negara yang kita keluarkan dibeli oleh ibu-ibu, lebih banyak dari laki-laki dari sisi persentasenya.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (22/12) kemarin, mulai dari sumber dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga strategi membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

1. Menkeu: Sumber biaya PEN dari dalam negeri, dominan dibeli ibu-ibu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sumber pembiayaan utang untuk mendanai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagian besar berasal dari dalam negeri termasuk salah satunya melalui surat utang negara yang dominan dibeli ibu-ibu.

“Sebanyak 56 persen surat obligasi negara yang kita keluarkan dibeli oleh ibu-ibu, lebih banyak dari laki-laki dari sisi persentasenya,” katanya menepis anggapan mayoritas pembiayaan PEN dari asing dalam Perekonomian RI 2021 di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

2. BI siapkan lima jurus dukung pemulihan ekonomi 2021

Bank Indonesia (BI) menyiapkan jurus yang akan ditempuh untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021 melalui lima kebijakan moneter bersinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait.

“Seluruh instrumen kebijakan kami berikan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2021 di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

3. Bappenas optimistis investasi akan pulih tahun depan hingga 6,4 persen

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas optimistis investasi di Indonesia akan pulih pada tahun depan hingga mencapai 6,4 persen setelah tahun ini cukup terdampak akibat pandemi COVID-19.

"Kami yakin bahwa di tahun 2021 investasi Indonesia akan mengalami pemulihan dengan pertumbuhan investasi sebesar 6,4 persen sehingga investasi terhadap perekonomian Indoesia akan memberikan kontribusi 31,5 persen," kata Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia A Widyasanti dalam webinar Outlook Pembangunan 2021 di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

4. Erick Thohir dorong lebih banyak perempuan menjadi bos BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong agar lebih banyak perempuan yang menjadi pemimpin atau bos di perusahaan BUMN.

“Kementerian BUMN mendorong para perempuan menancapkan eksistensinya sebagai perempuan karir dengan membentuk Srikandi BUMN. Dengan adanya Srikandi BUMN diharapkan akan ada peningkatan keterwakilan perempuan untuk meningkatkan kesetaraan gender di lingkungan BUMN,” ujar Erick dalam perayaan Hari Ibu seluruh BUMN yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

5. Sandiaga Uno akan terapkan teknologi big data garap sektor pariwisata

Pengusaha dan politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno mengatakan bakal menerapkan strategi inovasi dengan menggunakan teknologi big data untuk menggarap dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

“Strategi yang mungkin diadopsi adalah strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan,” kata Sandiaga Uno di Veranda Istana Merdeka Jakarta, Selasa, setelah pengumuman dan pengenalan calon menteri baru oleh Presiden Joko Widodo.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ingatkan anggaran Rp226 triliun belum terserap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar