Tiga gagasan utama kita adalah inovasi, karena kita harus bergerak secara cepat bawah presiden arahannya dan bapak wapres dalam satu tahun ini harus ada 'quick win'
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan akan menjalankan tiga gagasan utama untuk pariwisata Indonesia.

"Tiga gagasan utama kita adalah inovasi, karena kita harus bergerak secara cepat bawah presiden arahannya dan bapak wapres dalam satu tahun ini harus ada 'quick win'," kata Sandiaga di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Presiden Joko Widodo pada hari ini melantik Sandiaga Uno sebagai Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

"Harus ada perubahan yang mendasar pada saat kita berbenah terhadap lima destinasi super prioritas. Jadi kita harus berinovasi mulai dari busana-nya, tari-tariannya, 360 derajat," ucap Sandiaga menambahkan.

Baca juga: Sandiaga sempat rancu pesan "cepat sembuh" dan "datangi istana"

Baca juga: Hipmi bangga kadernya masuk jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju


Inovasi tersebut dilakukan dari segi infrastruktur dan segala yang berkaitan dari pariwisata dan ekonomi kreatif, kuliner, 'fashion' (fesyen), dan lainnya.

"Kedua, adaptasi. Kita harus beradaptasi dengan keadaan terkini yaitu COVID-19. 'CHSE' salah satunya harus kita pastikan sebagai prasyarat untuk kebangkitan sektor ini," ungkap Sandiaga.

"CHSE" adalah Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) yang sebelumnya juga sudah diungkapkan Wishnutama.

"Terakhir, kolaborasi. Kita harus menggandeng semua pihak karena ini tugas berat, kita harus prihatin jutaan lapangan pekerjaan yang terdampak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Sandiaga.

Sandiaga mengaku akan berjuang untuk mempertahankan dan mengembangkan pemberdayaan.

"Agar kita bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan mempertahankan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Uno akan terapkan teknologi big data garap sektor pariwisata

Baca juga: Sandiaga Uno baru pulih dari COVID-19 langsung diminta jadi menteri

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020