Jakarta (ANTARA) - Meski pun baru diluncurkan pada akhir Oktober lalu, dua model iPhone 12 versi 5G langsung menempati urutan teratas ponsel berteknologi terbaru paling laris.

Cnet mengutip data terbaru dari Counterpoint Research melaporkan iPhone 12 dan iPhone Pro menjadi ponsel 5G terlaris pertama dan kedua di dunia. Kedua ponsel tersebut menguasai 24 persen dari total penjualan seluruh ponsel 5G pada Oktober.

"Ada permintaan terpendam yang besar untuk berganti ke 5G, terutama untuk (sistem operasi) iOS, kemudian diterjemahkan ke penjualan," kata analis Counterpoint, Varun Mishra.

Counterpoint melihat penjualan ini juga dipengaruhi promosi harga turun, dari yang paling murah 799 dolar, jika membeli melalui operator seluler. Promosi ini menyumbang lebih dari sepertiga penjualan iPhone 12 selama Oktober.

Samsung Galaxy Note Ultra 5G, yang dijual seharga 1.300 dolar, berada di posisi ketiga. Pemain lainnya yang masuk ke lima besar ponsel 5G adalah Huawei dan OPPO, yang tidak terlalu banyak persediannya di Amerika Serikat.

Apple menolak berkomentar atas riset Counterpoint ini, mereka juga sudah tidak lagi memberikan angka penjualan iPhone.


Baca juga: iPhone jurnalis disusupi spyware NSO

Baca juga: iPhone 12 resmi meluncur di lebih dari 1.000 jaringan ritel Erajaya

Baca juga: iPhone 12 Mini, alternatif ponsel kecil yang "besar"

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020