Terminal Kalideres pastikan layanan tes cepat COVID-19 murah

Terminal Kalideres pastikan layanan tes cepat COVID-19 murah

Pemeriksaan kesehatan pengemudi bus dengan tes urine, tensi darah serta gula darah di Terminal Kalideres, Jakarta, Rabu (23/12/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Operator Terminal Kalideres di Jakarta Barat memastikan layanan tes COVID-19 di posko kesehatan di lingkungan terminal itu cepat dan murah serta dapat melayani calon penumpang dengan baik.

Layanan tes cepat antigen bekerjasama dengan Klinik 48 Taradita 48 itu dibanderol seharga Rp150.000, lebih murah dibandingkan di lokasi-lokasi tes lainnya.

"Hasilnya 30 menit sudah jadi suratnya. Berlaku hingga 14 hari," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen di Jakarta, Rabu.

Tes cepat antibodi dan antigen dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Pelayanan tersebut berlangsung selama musim angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2021 yang berakhir 4 Januari 2021.

Namun Revi tak menutup kemungkinan akan memperpanjang layanan tersebut hingga 9 Januari 2021.

Pantauan ANTARA, posko tes cepat tersebut memiliki bilik kecil untuk petugas melakukan tes usap agar benar-benar terhindar dari droplet.

Sehingga kesetrilan tes usap antigen di lokasi tersebut sangat terjamin bagi penumpang maupun sopir bus yang membutuhkan hasilnya sebagai syarat perjalanan.

Baca juga: Belum ada lonjakan jumlah penumpang di Terminal Kalideres
Baca juga: Terminal Kalideres cek kesehatan pengemudi untuk angkutan Natal


Namun penumpang yang ingin mengikuti tes cepat antigen di Terminal Kalideres sebisa mungkin mengikuti jadwal petugas kesehatan ketika mulai bekerja.

Sebab posko tersebut masih bersifat sementara dan memiliki petugas dengan jumlah terbatas. Apalagi jika hujan turun, posko tersebut harus tutup.

"Juga petugas tidak bisa diforsir kerjanya, karena jumlahnya terbatas dan mengingat mereka menggunakan APD (alat pelindung diri) selama berjam-jam," ujar salah satu petugas kesehatan klinik, Fitra.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Lima pos penyekatan di Bandar Lampung siapkan tes cepat antigen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar