Cegah COVID-19, Korlantas awasi ketat pembatasan kapasitas rest area

Cegah COVID-19, Korlantas awasi ketat pembatasan kapasitas rest area

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah) saat meninjau Rest Area KM 57 Tol Jakarta - Cikampek, Rabu (23/12/2020) dalam rangka Operasi Lilin 2020 terkait pengamanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. ANTARA/HO-NTMC Polri.

Jakarta (ANTARA) - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau Rest Area KM 57 Tol Jakarta - Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Rabu untuk memastikan penerapan pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 50 persen di rest area diberlakukan secara ketat.

Tinjauan dilakukan dalam rangka Operasi Lilin 2020 terkait pengamanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kakorlantas mengatakan penerapan pembatasan kapasitas di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek akan diawasi dengan ketat oleh petugas Polantas untuk mencegah kerumunan yang berpotensi menyebarkan COVID-19.

Baca juga: Polisi prediksi puncak arus mudik libur Natal di Cirebon Rabu malam

"Rest area ini sudah kami koordinasikan dengan pengelola serta dikondisikan oleh Polda Jawa Barat bahwa kapasitas di rest area ini hanya maksimal 50 persen," kata Istiono.

Kakorlantas menjelaskan bila kapasitas rest area tersebut sudah mencapai 50 persen, maka pengemudi tidak boleh memasuki rest area ini dan kendaraan akan diarahkan untuk menuju ke rest area selanjutnya.

"Bila sudah 50 persen, kami nilai cukup, ini (rest area) akan kami tutup. Dan dilanjutkan ke rest area lainnya. Ini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kakorlantas juga meninjau pos pengamanan terpadu COVID-19 yang memiliki fasilitas posko untuk masyarakat yang hendak melakukan tes rapid antigen.

Korlantas bersama Dinas Kesehatan setempat bersinergi untuk melakukan tes rapid antigen secara acak terhadap para pengemudi yang singgah di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Polresta Cirebon pastikan tempat istirahat tol diberlakukan pembatasan

"Pada rest area ini sudah dibuatkan pos kesehatan yang memeriksa random swab antigen yang telah dilaksanakan. Mudah-mudahan ini dapat mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Kakorlantas meyakini keinginan masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya cukup tinggi ditunjukkan dengan antusiasme dalam mengikuti tes rapid antigen yang disediakan di rest area tersebut secara gratis.

"Saya yakin sebentar lagi banyak yang akan dengan kesadaran memeriksakan dirinya dengan swab antigen ini. Dengan demikian, titik-titik rest area ini mampu menekan penyebaran COVID-19," kata mantan Kapolda Babel ini.

Kakorlantas mengimbau kepada para pemudik yang berlibur pada akhir tahun ini untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan) sehingga liburan akhir tahun ini dapat berjalan dengan aman dan terhindar dari potensi penyebaran COVID-19.

Kakorlantas didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan serta Dirut PT Jasa Raharja Budi Rahardjo dalam tinjauan kali ini.

Baca juga: Tim Gegana DIY sterilisasi empat gereja di Gunung Kidul
Baca juga: Polres dan Brimob Polda Jabar sisir gereja antisipasi teror

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Angka penularan COVID-19 saat libur panjang di Bandung menurun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar