Hidangan khas Natal di seluruh dunia, ayam goreng hingga bibingka

Hidangan khas Natal di seluruh dunia, ayam goreng hingga bibingka

Ilustrasi makanan Natal (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Kebersamaan dengan keluarga dan hidangan lezat di meja makan tak bisa lepas dari tradisi perayaan Natal di berbagai penjuru dunia. Sama halnya kebudayaan yang bervariasi dari satu tempat dengan tempat lainnya, tentu saja hidangan khas yang disajikan saat Natal juga bermacam-macam.

Baca juga: Hidangan wajib Julia Roberts saat Natal

Seperti apa hidangan khas Natal di berbagai belahan dunia?

Indonesia
Makanan yang disajikan saat Natal di Indonesia bervariasi, mulai dari masakan khas Batak saksang, ayam kodok, arsik --ikan mas bumbu kuning-- hingga sambal tumpang. Tapi biasanya kue-kue kering seperti kue jahe, nastar, putri salju dan kue kacang selalu dinantikan.

Jerman
Natal di Jerman dirayakan dengan makan malam, biasanya berisi daging panggang dan kentang, lalu makanan penutup berupa kue jahe dan roti klasik Stollen yang diisi dengan buah kering dan diberi taburan gula bubuk. Untuk minumannya, ada anggur merah Feuerzangenbowle.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lena (@joleva68)



Portugal
Untuk merayakan hari raya di Portugal, orang-orang biasanya menyantap kentang dan ikan kod. Tak ketinggalan kue Natal Bolo Rei, roti manis berisi kacang dan campuran buah kering, kismis yang ditaburi gula bubuk. Hidangan penutup lain yang tak ketinggalan adalah filhos, camilan yang digoreng dan dilapisi gula serta kayu manis.
 

Norwegia
Pada malam Natal, hidangan populer di Norwegia adalah babi panggang dengan sosis dan kentang. Untuk makanan pencuci mulut, ada Multekrem yang dibuat dari campuran cloudberry dengan krim kocok dan gula.
 

Amerika
Di Amerika, hidangan Natal mirip dengan makanan yang disajikan saat Thanksgiving, di mana kalkun jadi sajian yang harus ada di meja makan.

Baca juga: Sate ayam dalam hidangan Natal di Inggris
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SIBO-UK (@sibo.uk)


Finlandia
Lanttulaatikko adalah hidangan tradisional Natal di Finlandia. Lanttulaatikko dibuat dari rutabaga -persilangan antara kol dan lobak- yang disebut "Swede" di Eropa. Rutabaga yang direbus, dihancurkan, diberi pemanis dan ditambah dengan campuran telur, krim, remah roti, butter, garam dan rempah seperti jahe, kayu manis dan pala kemudian dipanggang hingga matang.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Saija Kalliokoski (@sia_77)


Filipina
Kue Bibingka adalah kue tradisional dari santan dan tepung beras, mentega dan telur. Setelah dibungkus dengan daun pisang, barulah kue ini dimasak hingga matang.
 



Jepang
Ayam goreng dari brand KFC selalu menghiasi perayaan Natal di Jepang. Dikutip dari Independent, tradisi menyantap ayam KFC di Jepang saat Natal dimulai pada 1974 ketika brand tersebut membuat iklan "Kentucky untuk Natal". Selain ayam goreng yang renyah, kue-kue Natal seperti strawberry shortcake juga identik dengan hari raya ini.




 



Baca juga: Presiden Jokowi ingin coba bagea kenari di Manado

Baca juga: Tips agar tetap sehat saat Natal

Baca juga: Tips nikmati hidangan Natal tapi tetap sehat

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wali kota Balikpapan temukan produk makanan hampir kedaluwarsa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar