Massachusetts  (ANTARA) - Perusahaan Moderna pada Rabu (23/12) mengatakan pihaknya memperkirakan bahwa imunitas yang bersumber dari vaksin COVID-19 buatannya akan melindungi orang dari varian baru virus corona yang dilaporkan di Inggris.

Moderna menyatakan berencana melakukan tes guna memastikan keampuhan vaksin terhadap varian apa pun.

Pernyataan Moderna itu muncul pada saat pemerintah Inggris berencana memberlakukan penguncian COVID-19 yang ketat di sebagian besar wilayah ketika varian virus corona yang sangat menular mengganas di negara tersebut.

Perusahaan mengatakan pihaknya memperkirakan vaksin buatannya, yang baru-baru ini mengantongi izin penggunaan darurat AS, dapat melindungi orang-orang dari varian virus di Inggris, berdasarkan data sampai saat ini.

"Kami telah menguji serum dari hewan dan manusia yang disuntikkan vaksin COVID-19 Moderna terhadap sejumlah varian virus SARS-CoV-2 sebelumnya, yang telah muncul sejak wabah pertama pandemi dan menemukan bahwa vaksin kami masih sama keefektifannya," kata Moderna.

Perusahaan yang berbasis di AS itu mengatakan akan mengadakan tes tambahan vaksin dalam beberapa pekan mendatang guna memastikan perkiraannya. 

Sumber: Reuters

Baca juga: Irlandia Utara laporkan kasus positif varian baru COVID-19

Baca juga: Israel temukan empat kasus varian baru COVID-19 yang sangat menular

Baca juga: Lebih dari 1.000 kasus satu varian COVID-19 ditemukan di Inggris


 

Varian baru COVID-19 menyebar di Eropa

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020