Wakapolri: Arus kendaraan menuju Merak lancar

Wakapolri: Arus kendaraan menuju Merak lancar

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (tengah) didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (kanan), Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto (kedua kiri) dan Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar (kiri) saat mengecek pelaksanaan Operasi Lilin 2020 di Merak, Banten, Kamis (24/12/2020). ANTARA/HO-NTMC Polri/am.

Jumlah penumpang yang keluar dari Pelabuhan Merak menurun dibanding tahun lalu.
Jakarta (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono menyebutkan dari hasil pantauan udara, tidak ada antrean kendaraan yang hendak keluar dari Pelabuhan Merak.

"Kalau saya melihat di udara, kami melihat arus lalu lintas di jalan tol masih normal-normal saja," kata Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono saat meninjau pengamanan libur Natal dan tahun baru di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis.

Gatot Eddy mengatakan bahwa puncak arus mudik libur Natal sudah terjadi pada tanggal 19 Desember 2020.

"Menurut keterangan manajer, puncak arus mudik kemarin itu ada pada tanggal 19 Desember, memang ada peningkatan jumlah kendaraan pribadi dan truk-truk. Itu peningkatan 59 persen," katanya.

Namun, jumlah penumpang yang keluar dari Pelabuhan Merak menurun dibanding tahun lalu.

"Jumlah orangnya mengalami penurunan dibanding tahun lalu sebanyak 66 persen," ujarnya.

Jenderal bintang tiga ini menambahkan bahwa Operasi Lilin 2020 yang digelar Polri bertujuan untuk mengantisipasi liburan akhir tahun seperti mengantisipasi kecelakaan lalu lintas dan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Akan tetapi, yang terpenting adalah dalam hal ini Polri mengantisipasi liburan akhir tahun dengan melaksanakan Operasi Lilin. Apa tujuannya? Operasi ini adalah operasi kemanusiaan yang dilaksanakan Polri dan stakeholders terkait, teman-teman TNI, teman-teman daerah, dishub, ASDP, dan sebagainya," ucapnya.

Gatot Eddy pun mengimbau masyarakat agar lebih baik tetap di rumah saja pada masa pandemi COVID-19 ini untuk menjaga diri tetap sehat.

"Tujuannya adalah tentunya kami mengimbau masyarakat kalau bisa, ya, di rumah saja, tidak usah berlibur, tidak usah pulang kampung. Yang merayakan Natal, ya, di rumah saja," tuturnya.

Meski begitu, Polri sudah mengantisipasi masyarakat yang berpergian pada masa libur akhir tahun 2020. Masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama liburan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Kalau ada yang berlibur atau pulang kampung, tolong dipatuhi yang namanya protokol pencegahan COVID-19. Mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, hingga menghindari kerumunan," pesannya.

Saat meninjau pelaksanaan Operasi Lilin 2020 di Merak, Wakapolri didampingi Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, Asops Kapolri Irjen Pol. Imam Subianto, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono, Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono, Kapolda Banten Irjen Pol. Fiandar, serta pejabat utama ASDP Merak.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wakapolri: Jadikan penggunaan masker sebagai budaya baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar