Sekitar 500 polisi jaga kebaktian dan misa Natal di Palu

Sekitar 500 polisi jaga kebaktian dan misa Natal di Palu

Komandan Kodim 1306/Donggala, Kolonel Infantri Heri Bambang Wahyudi, bersama Kepala Polres Palu, AKBP Riza Faisal, meninjau pengamanan di salah satu gereja di Kota Palu, Kamis malam (24/12/2020). ANTARA/Sulapto Sali

Palu (ANTARA) - Sebanyak kurang lebih 500 personel Kepolisian Resor Palu, Polda Sulawesi Tengah, mengamankan pelaksanaan perayaan Natal 2020 di wilayah setempat.

“Bagi Polres Palu, kami kerahkan anggota setengah dari kekuatan, sekitar 300 lebih kemudian dibantu dari Polda sekitar 200, jadi sekitar 500,” kata Kepala Polres Palu, AKBP Riza Faisal, disela-sela turun langsung memantau pelaksanaan pengamanan gereja di Palu, Kamis malam.

Baca juga: Presiden perintahkan penjagaan keamanan libur Natal-Tahun Baru

Ia mengatakan, semua personel ini ditempatkan pada sejumlah gereja yang ada di Palu, Sulawesi Tengah. “Jumlah personel bervariasi antara lima sampai 10 orang, tergantung besar kecilnya gereja dan tergantung jumlah jemaat dan jadwal kegiatan gerejanya,” katanya.

Ia menjelaskan, “Menyesuaikan jadwal gereja, kalau misalnya ada gereja mulai 21 Desember maka mulai tanggal tersebut kita kawal, tetapi fokusnya H-1 dan hari H Natal 25 Desember 2020, sama nanti pergantian Tahun Baru."

Baca juga: 36 gereja di Kudus mendapat penjagaan polisi

Ia mengatakan, untuk memastikan amannya pelaksanaan ibadah perayaan Natal di Palu, Sulawesi Tengah, terlebih dulu dilakukan seterilisasi di gereja-gereja yang ada. “Tadi kita dibantu juga dari unit Penjinak Bom Sat Brimob dari Gegana sudah melakukan sterilisasi di gereja, dan skala prioritas,” katanya.

Pewarta: Rangga Musabar/Sulapto Sali
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov Sultra perketat pengamanan benda bersejarah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar