Saya merobek sedikit plastik itu, lalu melihat ada mata yang menatap saya
Jakarta (ANTARA) - Ketika pekerja di tempat pemilahan sampah Rusia menyelamatkan seekor kucing yang nyaris mati, dia tak menyangka hewan itu bakal mendapat gelar kehormatan, bahkan tidur siang di kursi pejabat pemerintah.

Video dari kamera pengawas di Kota Ulyanovsk, 700 km dari Moskow, pada Senin lalu memperlihatkan pekerja bernama Mikhail Tukash mengambil plastik putih dari ban berjalan, merobeknya lalu menemukan seekor kucing jantan berwarna hitam putih di dalam.

"Saya merasa ada sesuatu yang lembut di dalam plastik," ujar Tukash yang mendapat penghargaan dari pihak otoritas setempat karena menyelamatkan kucing, kepada tabloid Moskovsky Komsomolets.

Baca juga: Rumahnya ganti fungsi, Gli si kucing tetap jadi penghuni Hagia Sophia

"Saya merobek sedikit plastik itu, lalu melihat ada mata yang menatap saya."

Penyelamatan kucing, disiarkan di televisi dan di media sosial, telah membuatnya menjadi selebritas lokal. Kucing itu kini diadopsi oleh kementerian lingkungan wilayah Ulyanovsk dan secara tidak resmi diberi jabatan sebagai wakil menteri lingkungan.

"Kucing itu hampir mati," kata menteri, Rabu, seperti dikutip dari Reuters. "Terlambat sedikit saja, dia akan berakhir di tempat pemilahan sampah."

Foto dari kementerian memperlihatkan si kucing sedang menjelajahi rumah baru, juga tidur siang kursi dalam kantor Menteri Lingkungan Gulnara Rakhmatulina.

Kementerian telah mengumumkan kontes nasional pencarian nama untuk si kucing, yang sudah diperiksa dokter hewan dan dinyatakan sehat.

"Saya ingin meminta kepada pemilik hewan peliharaan: ingatlah bahwa Anda bertanggung jawab atas mereka yang telah Anda pelihara," kata Rakhmatulina.

"Jika Anda tidak dapat memelihara hewan peliharaan Anda di rumah, Anda selalu dapat meninggalkannya di tempat penampungan atau kepada orang yang tepat."

Baca juga: Kucing di kantor Kemlu Inggris akan pensiun

Baca juga: Rihat sambil pandangi kucing di hostel unik Osaka

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020