Jakarta (ANTARA) - 2020, sebagaimana terjadi pada sektor kehidupan lainnya, menjadi tahun yang berat, aneh, kacau sekaligus sepi namun gempita secara online bagi dunia olah raga di seantero buana.

Ini akan menjadi tahun yang paling dikenang dalam kurun 100 tahun ke depan di mana pandemi disebut-sebut sebagai fenomena satu kali dalam tiap 100 tahun.

Tahun ini pandemi virus corona merajalela sehingga sempat hampir total menghentikan event-event olah raga, termasuk memaksa dimundurkannya perhelatan-perhelatan akbar seperti Olimpiade Tokyo dan Euro 2020 ke tahun berikutnya.

Kecenderungan itu bukannya berhenti, malah memanjang setelah FIFA pada 24 Desember menunda Piala Dunia U-20 tahun depan yang bakal menjadi turnamen FIFA pertama yang diadakan di Indonesia.

Baca juga: 2020 tandai keputusan bersejarah penundaan Olimpiade Tokyo
Baca juga: Euro 2020 diundur setahun
Baca juga: FIFA batalkan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia


Jadwal turnamen berbagai olah raga kebanggaan Indonesia seperti bulu tangkis turut direm mendadak, termasuk Liga 1 Indonesia, sedangkan PON Papua yang sedianya diadakan tahun ini digeser ke tahun depan.

Tren itu mengikut apa yang terjadi di seluruh dunia yang bahkan memaksa event-event bersejarah nan kolosal seperti Wimbledon, Maraton Boston, dan banyak lagi sama sekali tak bisa digelar.

Ketika seisi Bumi dikunci oleh apa yang menjadi salah satu kata paling terkenal tahun ini, yakni lockdown, guna membendung penyebaran virus corona, dunia olah raga turut terkena getahnya.

Jadwal-jadwal rusak untuk tak saja merugikan aspek olah raganya namun juga aspek finansial di mana olah raga sudah lama menjelma menjadi industri.

Baca juga: LIB minta masukan klub setelah Liga 1-2 dihentikan sementara
Baca juga: Ditunda setahun, persiapan PON Papua diharapkan tetap jalan


Uniknya keadaan itu memaksa olah raga beralih ke arena virtual seperti terjadi pada aspek banyak kehidupan lainnya.

2020 menjadi tahun virtual bagi olah raga, yang mungkin sangat sulit lagi terjadi kemudian, khususnya mulai akhir triwulan pertama sampai pertengahan tahun itu. Ada atletik virtual, ada tenis virtual, NBA, Formula 1, dan seterusnya.

Namun tahun ini pula olah raga mencatat momentum kebangkitan aktivisme atlet, terutama setelah kasus pembunuhan lelaki kulit hitam George Floyd di Amerika Serikat oleh polisi kulit putih di sana yang memicu gerakan Black Lives Matter yang memuat pesan kesetaraan ras dan keadilan sosial yang bahkan mendorong kampanye kesadaran politik di AS ketika atlet-atlet di sana turut mendorong masyarakatnya bersuara pada pemilu 3 November lalu guna menghentikan orde yang dianggap mereka rasis dan tidak toleran.

Tahun ini juga unik karena bulan-bulan mukadimah dan bulan-bulan epilognya diwarnai oleh kehilangan dua legenda besar olah raga. Keduanya adalah Kobe Bryant di NBA yang meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada 26 Januari, dan Diego Maradona yang wafat pada 25 November.

Namun tahun ini pula rekor dan sejarah tercipta. Rafael Nadal menjadi petenis paling sering juara Prancis Terbuka sepanjang masa, Lewis Hamilton menyamai rekor Michael Schumacher, Lionel Messi melampaui rekor Pele, dan Liverpool juara liga untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir.

Baca juga: Atlet-atlet dunia turut perjuangkan kesetaraan di arena olahraga
Baca juga: Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun akibat serangan jantung


Berikut, tanggal-tanggal cantik dalam rangkaian peristiwa menarik sepanjang tahun ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

JANUARI
6 Januari, pebulutangkis nomor satu dunia Kento Momota menembus dominasi China dalam Malaysia Masters dengan menjuarai nomor tunggal setelah mengalahkan Viktor Axelsen pada final.

Tetapi beberapa saat setelah menjuarai turnamen ini Momota mengalami kecelakaan mobil dalam perjalanan ke bandara yang memaksanya absen lama sampai kemudian masuk lagi arena dalam sebuah kompetisi Jepang akhir tahun ini.

Baca juga: Kendaraan yang ditumpangi Momota tabrak truk di Malaysia

13 Januari, Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya, dan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, mengukuhkan dominasi Indonesia dalam turnamen bulu tangkis Indonesia Masters.

25 Januari, saat Los Angeles Lakers bertandang ke Philadelphia 76ers, LeBron James menyalip Kobe Bryant sebagai pemain ketiga dalam sejarah NBA yang mencetak skor terbanyak.

Beberapa jam kemudian pada tanggal itu, Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter.

Baca juga: Ringkasan final Indonesia Masters, Indonesia boyong tiga gelar juara
Baca juga: LeBron James ungguli poin Kobe Bryant saat Lakers kalah oleh 76ers
Baca juga: Kobe Bryant meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter


FEBRUARI
2 Februari, setelah mengalahkan Garbine Muguruza, Sofia Kenin yang berusia 21 tahun menjadi petenis AS termuda yang menjuarai Australian Open sejak Serena Williams melakukannya pada 2002.

22 Februari, pertarungan tinju terbesar tahun ini antara Tyson Fury dan Deontay Wilder berakhir dengan berhasilnya Fury mempertahankan gelar juara dunia kelas berat.

Baca juga: Sofia Kenin juara baru Australia Open
Baca juga: Tyson Fury hentikan Wilder pada ronde ketujuh


MARET
3 Maret, NBA memutuskan menghentikan sementara kompetisi musim 2019-2020 yang kemudian menjalar ke kompetisi-kompetisi lain.

9 Maret, pemerintah Italia yang negaranya paling parah terserang pandemi virus corona di Eropa dan bahkan dunia waktu itu, menghentikan sementara Liga Italia.

12 Maret, La Liga juga bernasib setelah dihentikan sementara oleh otoritas Spanyol.

Baca juga: Musim NBA bisa dihentikan jika semakin banyak pemain terpapar COVID-19
Baca juga: Serie A resmi dihentikan sementara akibat krisis corona di Italia


13 Maret, giliran Bundesliga yang menghentikan sementara kompetisi. Dalam tanggal yang sama Liga Inggris juga menempuh langkah sama dengan alasan sama, membendung COVID-19.

Praktis empat liga sepak bola terkemuka di Eropa menghentikan sementara kompetisi dalam bulan ini.

Namun pada 14 Maret, UFC malah tetap menggelar tarung Charles Oliveira melawan Kevin Lee yang masuk arena tanpa disaksikan seorang penonton pun.

15 Maret, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjadi juara All England 2020 setelah mengalahkan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dari Thailand dalam final.

24 Maret, pengumuman terbesar dalam dunia olah raga dikeluarkan Komite Olimpiade Internasional yang memaklukamatkan Olimpiade Tokyo menjadi Olimpiade pada masa damai pertama yang ditunda penyelenggaraannya, juga akibat pandemi.

Baca juga: Praveen/Melati sabet gelar juara All England 2020
Baca juga: Anggota IOC pastikan Olimpiade Tokyo ditunda



APRIL
Tanggal 1 bulan ini, UEFA mengumumkan Liga Champions dan Liga Europa ditunda, sedangkan Euro 2020 dimundurkan ke tahun berikutnya.

Bulan ini juga menjadi bulan puncak olah raga virtual, salah satunya ekpos turnamen NBA 2K20.

Baca juga: UEFA tunda seluruh laga Liga Champion dan Liga Europa pekan depan
Baca juga: Microsoft dan NBA siapkan tempat virtual bagi penonton di arena basket


MEI
Masih menjadi bulan virtual bagi kebanyakan kompetisi dan turnamen olah raga.

Namun Liga Bisbol Korea Selatan menjadi salah satu dari sedikit liga yang membuka tirai kompetisi ketika pandemi tengah sengit merajalela, namun sudah terjinakkan di Korea Selatan.

16 Mei, Liga Jerman melanjutkan lagi kompetisi musim 2019-2020 yang terinterupsi pandemi virus corona, dalam kondisi stadion tanpa penonton.

24 Mei, empat atlet yang terdiri dari dua pegolf dan dua bintang NFl bertarung dalam event eksibisi untuk menggalang dana bantuan COVID-19. Tiger Woods berpasangan dengan quaterback NFL Peyton Manning melawan pasangan pegolf Phil Mickelson dan quaterback Tom Brady.

Baca juga: Liga bisbol Korsel tanpa penonton dan terapkan jaga jarak sosial
Baca juga: Saat Bundesliga mulai lagi


JUNI
10 Juni, mengikuti gerakan Black Lives Matter, balapan NASCAR melarang bendera Konfederasi dikibarkan lagi di arena balap mobil terkenal di Amerika Serikat itu.

11 Juni, La Liga melanjutkan lagi musim 2019-2020.

16 Juni, Bayern Muenchen untuk musim kedelapan berturut-turut menjuarai Liga Jerman.

Baca juga: Bayern juara Liga Jerman untuk kedelapan kalinya secara beruntun

17 Juni, Liga Inggris melanjutkan kompetisi yang terhenti oleh pandemi. Liga Aston Villa melawan Sheffield United dan Manchester City versus Arsenal menjadi dua laga pertama dalam restart Liga Inggris hari itu.

20 Juni, Italia menyusul liga-liga besar Eropa lainnya dalam mengaktifkan lagi kompetisi Serie A.

26 Juni, Liverpool akhirnya menerabas jalan buntu selama 30 tahun untuk menjuarai Liga Inggris. Tanggal itu menjadi kepastian Liverpool menjadi juara liga setelah Chelsea mengalahkan Manchester City 2-1. The Reds berstatus juara ketika masih menyisakan tujuh pertandingan lagi.

Baca juga: Liverpool pecahkan rekor juara Liga Inggris tercepat

JULI
16 Juli, Real Madrid menjuarai Liga Spanyol untuk ke-34 kalinya ketika masih menyisakan satu pertandingan setelah mengalahkan Villarreal 2–1.

26 Juli, Juventus menjuarai Serie A untuk kesembilan kali berturut-turut dan total ke-36, pada hari ketika Juve mengalahkan Sampdoria 2-0.

Baca juga: Real Madrid pastikan gelar juara setelah kalahkan Villarreal
Baca juga: Hantam Sampdoria 2-0, Juve amankan gelar juara Liga Italia


AGUSTUS
14 Agustus, untuk tahun keempat berturut-turut Barcelona tersingkir lebih dini dari Liga Champions setelah kalah memalukan 2-8 melawan Bayern Muenchen yang memicu gejolak dalam tubuh klub di mana Lionel Messi terang-terangan menyatakan ingin pindah dan presiden klub ini kemudian terpental beberapa pekan setelah itu.

23 Agustus, Sophia Popov menciptakan sejarah dan momentum dalam golf ketika menjuarai British Open Putri dengan 68 pukulan pada babak final padahal pegolf berperingkat 304 itu tak pernah menang dalam LPGA Tour.

26 Agustus, liga-liga profesional di AS serempak memboikot pertandingan menyusul aksi boikot Sterling Brown, George Hill dan rekan-rekannya di Milwaukee Bucks dalam playoff NBA guna memprotes penembakan warga kulit hitam lainnya oleh polisi kulit putih di Kenosha, Wisconsin.

Baca juga: Akhir sebuah era di Barcelona setelah Messi minta cerai
Baca juga: City tawarkan paket gaji Rp10 triliun kepada Lionel Messi


SEPTEMBER
12 September, mengenakan tujuh masker berbeda setiap hari dengan nama tujuh orang berbeda yang menjadi korban rasisme polisi dalam tujuh pertandingannya di AS Terbuka, Naomi Osaka menjuarai turnamen Grand Slam ini.

20 September, dalam turnamen golf US Open, Bryson DeChambeau yang mengambil pendekatan otot dalam permainan golf merengkuh gelar turnamen utamanya. Dia melepaskan 60-an pukulan dalam keempat babak turnamen itu sehingga menjadi pegolf pertama yang mencetak di bawah par dalam US Open.

Tanggal 20 September pula Tadej Pogacar menjuarai Tour de France 2020, sedangkan Movistar Team menjuarai klasifikasi tim.

Baca juga: Kemenangan Naomi Osaka dan bayang-bayang Serena Williams
Baca juga: Tadej Pogacar juara Tour de France 2020


OKTOBER
6 Oktober, Los Angeles Lakers untuk pertama kali dalam 10 tahun terakhir menjuarai NBA yang total merupakan ke-17 kalinya, sedangkan LeBron James menjadi pebasket keempat dalam sejarah NBA yang juara NBA bersama tiga tim berbeda.

11 Oktober, Rafael Nadal semakin membuat mustahil petenis-petenis masa depan menyamai rekornya dalam Prancis Terbuka setelah merengkuh mahkota Grand Slam lapangan tanah liat ini untuk ke-13 kalinya dan sekaligus menandingi pencapaian Roger Federer 20 kali menjuarai turnamen Grand Slam setelah membungkam Novak Djokovic pada babak final Ronald Garros.

24 Oktober, juara kelas ringan UFC Khabib Nurmagomedov meng-KO Justin Gaethje pada ronde kedua. Dia menyebut pertarungan pertama sejak ayahnya meninggal dunia itu adalah pertarungannya yang terakhir kalinya.

30 Oktober, juara dunia enam kali Lewis Hamilton memecahkan catatan yang tidak pernah disangka kebanyakan orang di GP Portugal ketika menjadi pebalap Formula 1 yang pertama menyentuh garis finis untuk ke-92 kali.

Baca juga: Lakers juara NBA 2020 setelah kalahkan Heat di game keenam
Baca juga: Nadal melaju lagi ke final French Open untuk gelar Grand Slam ke-20
Baca juga: Khabib Nurmagomedov umumkan pensiun setelah kalahkan Gaethje



NOVEMBER
15 November, kembali Lewis Hamilton menciptakan tonggak sejarah ketika menyamai catatan Michael Schumacher tujuh kali juara dunia Formula 1. Dia memastikan pencapaian ini setelah memenangkan Grand Prix Turki.

Pada tanggal yang sama, Dustin Johnson menjadi pegolf peringkat satu dunia yang pertama yang memenangkan jaket hijau sejak Tiger Woods pada 2002.

25 November, legenda sepak bola Diego Armando Maradona wafat dalam usia 60 tahun di pinggiran kota Buenos Aires karena serangan jantung.

28 November, dua legenda tinju, Mike Tyson dan Roy Jones Jr bertemu dalam salah satu adu jotos di ring tinju yang paling dinantikan banyak orang. Tak ada pemenang dalam laga ini karena wasit menyatakan mereka imbang.

Baca juga: Hamilton lampaui rekor Schumacher dengan kemenangan ke-92 di Formula 1
Baca juga: Johnson sabet Rp221 miliar dan nomor satu dunia setelah juara FedExCup
Baca juga: Duel "comeback" Tyson vs Roy Jones berakhir imbang



DESEMBER
3 Desember, Russell Westbrook ganti kostum dari Houston Rockets ke Washington Wizards guna menjadi pertukaran pemain terbesar tahun ini di NBA setelah dibarter dengan John Wall.

15 Desember, birdie pada tiga lubang terakhir dan bangkit setelah tertinggal lima pukulan untuk mencetak 4 di bawah 67, A Lim Kim mencatat pembalikan terbesar dalam golf putri guna menjuarai AS Terbuka dalam debutnya pada turnamen utama golf ini. Dia pegolf non LPGA kedua tahun ini yang menjuarai turnamen utama setelah Sophia Popov di British Open. Dia juga pegolf putri ketiga Korea Selatan yang menjuarai turnamen utama setelah Sei Young Kim dan Mirim Lee.

Baca juga: Rockets sepakat lepas Russell Westbrook ke Wizards dibarter John Wall
Baca juga: Kim A Lim bangkit untuk juarai AS Terbuka Putri


19 Desember, Ulsan Hyundai untuk kedua kalinya setelah 2012 menjuarai Liga Champions Asia setelah menaklukkan Persepolis dalam final di stadion yang akan menjadi salah satu venue Piala Dunia 2022, Stadion Al Janoub di Doha, Qatar.

22 Desember, NBA telah memutuskan tanggal ini sebagai awal musim reguler 2020-2021. Dua tim Los Angeles --Lakers dan Clippers- mengawali musim yang baru, selain laga New Jersey Nets melawan Golden State Warriors. Clippers dan Nets masing-masing memenangkan laga pertamanya ini.

24 Desember, FIFA memutuskan memundurkan Piala Dunia U-20 di Indonesia dari tadinya 2021 menjadi 2023, dengan alasan pandemi COVID-19.

Baca juga: Ulsan Hyundai juarai Liga Champions Asia
Baca juga: Lakers sang juara bertahan buka musim dengan kekalahan
Baca juga: PSSI hormati keputusan FIFA tunda Piala Dunia U-20
Baca juga: Menpora hormati keputusan penundaan Piala Dunia U-20 2021


 

Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020