Jakarta (ANTARA) - Olga Lydia mengaku bahwa perayaan Natal tahun ini terasa ada yang kurang karena tidak dapat melakukan ibadah langsung di gereja seperti tahun sebelumnya.

Olga mengatakan sejak pandemi COVID-19 membuat dirinya sudah lama tidak pergi ke gereja dan hanya mengikuti ibadah secara virtual, termasuk pada saat perayaan Natal tahun ini.

"Memang yang kurang banget biasanya kita ke geraja ya. Saya sudah dari akhir Maret sudah tidak pernah ke gereja," kata Olga Lydia kepada ANTARA, Kamis (24/12).

"Jadi memang kerasa ada yang kurang, tapi ini bagian dari ibadah juga ya karena melindungi orang lain, melindungi diri sendiri," sambungnya.

Olga mengatakan bahwa hal ini memang sudah direncanakan Tuhan. Untuk itu, sebagai manusia ia hanya bisa pasrah dan mengambil hikmah atas pandemi yang terjadi beberapa bulan belakangan ini.

Olga juga mengatakan bahwa perayaan Natal dalam suasana pandemi ini membuatnya menjadi lebih rendah hati dan merenungkan akan kebesaran Tuhan.

"Mungkin membuat kita lebih rendah hati bahwa kita memang kesayangan Tuhan, namun kita tidak berdaya di hadapannya. Ya mungkin lebih merenung soal itu bahwa kita tetap bisa melihat kebesaran Tuhan, kasih sayang Tuhan dalam banyak hal. Bahkan dalam pandemi ini," imbuhnya.


Baca juga: Makna Natal untuk Nowela

Baca juga: Natal berbeda ala Darius dan Donna Agnesia

Baca juga: Makna merayakan Natal bagi Yosi Mokalu

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020