Mobil minibus tertimpa pohon di Agam akibat angin kencang

Mobil minibus tertimpa pohon di Agam akibat angin kencang

Kondisi mobil yang tertimpa pohon kelapa sawit di Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat (24/12). ANTARA/HO-Aspri

tidak ada korban jiwa
Lubukbasung (ANTARA) - Satu unit mobil Isuzu Panther minibus dengan nomor polisi BA 1076 RF tertimpa pohon kelapa sawit di Simpang IV Tapi, Jorong Balai Ahad , Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat (25/12) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal di Lubukbasung, Jumat, mengatakan akibat kejadian itu, mobil minibus milik Novi (42) itu ringsek pada bagian atas setelah pohon kelapa tumbang diterjang angin kencang.

"Mobil dalam kondisi rusak berat, karena tertimpa pohon kelapa sawit pada bagian tengah," katanya.

Baca juga: Angin kencang menumbangkan pepohonan di Mataram

Ia mengatakan, mobil minibus tersebut sedang parkir di lokasi itu, karena pemilik yang juga aparatur sipil negara di Dinas Perhubungan Agam pergi menunaikan shalat Jumat.

"Pohon dengan kondisi sudah lapuk dan pohon juga menimpa kabel Telkom. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu," katanya.

Ia menambahkan, BPBD Agam menerangkan anggota Satgas datang untuk membersihkan material pohon kelapa sawit yang menimpa mobil dan kabel menggunakan mesin pemotong kayu.

Pembersihan itu juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan masyarakat sekitar. "Pembersihan material selesai pada pukul 14.20 WIB," katanya.

Baca juga: Bogor dikepung bencana angin kencang, longsor, hingga pohon tumbang

Dengan kejadian itu, pihaknya mengimbau pengendara dan warga untuk tidak berada di sekitar pohon saat angin kencang.

Warga juga diminta untuk melaporkan kondisi pohon yang lapuk yang beresiko tumbang untuk dipotong.

"Kita akan mengerahkan Satgas untuk memotong pohon-pohon yang lapuk dalam mengantisipasi tumbang yang beresiko mengenai warga dan kendaraan," katanya. 

Baca juga: Sejumlah pohon di jalan raya tumbang akibat angin kencang
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wagub Sumbar imbau masyarakat tidak ragukan vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar