Pemkot Kediri gelar pameran seni rupa virtual

Pemkot Kediri gelar pameran seni rupa virtual

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melihat hasil karya para seniman di Kediri, Jawa Timur pada pameran yang digelar virtual dari tanggal 24-27 Desember 2020. ANTARA/HO-Pemkab Kediri/aa.

harus tetap bisa berkreasi
Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggandeng para seniman menggelar pameran seni rupa secara virtual mengikuti protokol kesehatan karena masih pandemi COVID-19.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kendati pameran dilakukan virtual tidak mengurangi nilai dari pameran.

"Saya senang sekali ada acara refleksi akhir tahun wisata seni rupa virtual 'Rupa Pandemi Kita' ini secara virtual. Di masa pandemi COVID-19 ini, harus tetap bisa berkreasi, bekerja, dan menghasilkan sesuatu untuk hidup dan juga bisa dipamerkan kepada semua masyarakat. Kondisi seperti ini agak sulit namun kita tidak boleh berdiam diri saja dan harus terus berjalan," kata Wali Kota di Kediri, Jumat.

Wali Kota mengungkapkan dalam menjalankan perekonomian Kota Kediri di saat pandemi seperti ini pemkot membuat kebijakan yang terkadang memberi kelonggaran dan juga pengetatan seperti sekarang ini. Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sedang meningkat, sehingga protokol kesehatan harus dijaga.

Baca juga: Sadar lotre hidup lagi karena pandemi

Data per Kamis (24/12) kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Kediri mencapai 648 orang. 134 orang adalah suspek dan 28 orang dalam status probabel.

"Untuk itu, saya mohon maaf kepada para seniman Pemkot Kediri sementara bisa mengadakan pameran hanya seperti ini mengingat ada lonjakan kasus di Kota Kediri. Harapannya ke depan bisa mengadakan acara seperti ini lebih besar dan diadakan di tempat yang ramai dan pastinya pandemi COVID-19 ini segera berakhir," kata dia.

Wali Kota juga memberikan pesan kepada para seniman di Kota Kediri agar selalu semangat, tidak pernah luntur dan terus berkarya.

Selain itu, dengan kegiatan pameran ini sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus membawa nama baik Kota Kediri yang di masa pandemi masyarakat tetap bisa berkarya.

Baca juga: Sejumlah pelukis pameran di Padang

Imam Mubarok, panitia acara tersebut mengatakan kegiatan ini sengaja digelar di tempat terbuka, teras Balai Kota Kediri. Lokasi ini sebagai tempat demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kami menggelar acara ini di teras yang diikuti para seniman dari Kota Kediri," kata Imam Mubarok.

Kegiatan pameran seni rupa virtual "Rupa Pandemi Kita" ini disajikan dari hasil karya para seniman Kota Kediri. Ada sebanyak 40 karya foto dan 30 karya seni rupa 2D dan 3D yang terdiri dari lukisan, seni instalasi dan origami.

Acara ini dilakukan secara virtual dan bisa dinikmati melalui kanal YouTube Harmoni TV dan Kediri Tourism TV dari tanggal 24-27 Desember 2020 mulai jam 15.00 sampai 21.00 WIB.

Baca juga: Melihat topeng-topeng tradisional Negeri Ginseng lewat pameran virtual
Baca juga: Pameran virtual produk pesantren catat transaksi hingga Rp21,02 miliar

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar