Jakarta (ANTARA) - Pelatih Shin Tae-yong memutuskan tidak ikut dalam rombongan pemain tim nasional U-19 yang bertolak ke Spanyol, Sabtu dan memilih untuk memimpin lebih dulu pemusatan latihan timnas U-23 di Jakarta.

Sebelumnya, Shin diagendakan akan ikut langsung bersama anak-anak asuhnya dari Jakarta. Namun pada akhirnya ia memilih untuk memimpin lebih dulu pemusatan latihan timnas U-23 yang berlangsung hingga akhir bulan ini.

Pelaksana tugas Sekjen PSSI Yunus Nusi di Jakarta, mengatakan seusai memimpin TC U-23, Shin Tae-yong direncanakan akan terbang menyusul ke Spanyol pada 2 Januari 2021.

Baca juga: PSSI lepas pemain timnas U-19 TC ke Spanyol
Baca juga: Piala Dunia ditunda, PSSI harap persiapan timnas semakin matang


"Ya kemarin ada perubahan karena dengan adanya rilis FIFA untuk Piala Dunia, Shin berdiskusi dengan Dirtek (Indra Sjafri), untuk sementara beliau fokus di U-23 ini untuk sekarang, setelah selesai U-23 tanggal 2 (Januari) nyusul ke Spanyol," ujar Yunus Nusi.

​​​​Menurut Yunus, ditundanya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tidak membuat program yang telah dirancang mengalami penyesuaian. TC ini merupakan tanggung jawab PSSI dalam membina pemain untuk masa depan.

Di samping itu, PSSI juga tetap harus mempersiapkan para pemain U-19 karena masih ada satu turnamen lagi yang hingga saat ini belum mengalami perubahan yakni Piala AFC U-19 di Uzbekistan pada Maret 2021.

"Maret kan ada AFC Cup di Uzbekistan, Insya Allah mereka akan ikut di AFC Cup di bulan Maret. Insya Allah kita menganggap mereka yang terbaik. Pada saat nanti anak-anak inilah yang akan menjadi pemain timnas U-23, senior, di waktu yang akan datang dan menjadi andalan kita," kata dia menambahkan.

Sebelumnya, pemusatan latihan timnas U-19 di Spanyol akan berlangsung hingga 31 Januari 2021. Mereka tak hanya menimba ilmu saja, juga akan menggelar serangkaian pertandingan dengan klub-klub di Negeri Matador.

Baca juga: Kiper Barito Putera bertekad kunci satu slot di timnas U-23
Baca juga: Saddil Ramdani optimistis timnas bisa juara di SEA Games 2021
Baca juga: Shin Tae-yong panggil 36 pemain untuk TC SEA Games 2021

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020