Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (26/12) kemarin, mulai dari kepastian pesangon pekerja dalam UU Cipta Kerja hingga percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

  1. CORE: Kepastian pesangon pekerja lebih terjamin dalam UU Cipta Kerja

  Lembaga kajian ekonomi Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia menilai kepastian pesangon bagi pekerja lebih terjamin dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau Ciptaker.

  “Kenapa soal pesangon pekerja yang terdampak PHK pasti akan dibayar? Itu pasti, karena klausulnya tidak lagi menjadi perdata, tapi pidana. Kalau perusahaan tidak bersedia membayar hak pekerja sebagaimana tercantum dalam UU, maka bisa terkena pidana dan bisa dipidanakan,” kata Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah Redjalam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

  Selengkapnya di sini

  2. BNI jangkau layanan keuangan di ujung utara Indonesia

  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjangkau layanan keuangan hingga menyentuh Pulau Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, yang berada di ujung utara Indonesia.

  BNI memiliki Agen Lakupandai atau Agen46 yang dikelola seorang pedagang sembako, Catur Wulan Sari di pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina itu.

  Selengkapnya di sini

  3. ASDP luncurkan kapal feri Ketapang-Lembar

  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meluncurkan pelayaran perdana kapal feri rute Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu.

  Pelayanan kapal feri jarak jauh (LDF) rute Ketapang-Lembar ini diluncurkan setelah dinilai memenuhi persyaratan oleh Kementerian Perhubungan untuk ditetapkan sebagai lintas penyeberangan antarprovinsi.

  Selengkapnya di sini

  4. Maskapai diminta perhatikan prosedur kelaikan pesawat saat pandemi

  Pengamat penerbangan Farshal Hambali meminta maskapai untuk tetap memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) keselamatan terbang dan kelaikan pesawat meskipun sedang berada dalam situasi sulit akibat pandemi COVID-19.

  "Pandemi benar-benar memukul semua sektor bisnis, termasuk bagi industri penerbangan, tapi jangan lupa, manajemen maskapai harus mempertahankan SOP yang berhubungan dengan safety, security dan kelaikan pesawat," ujar Farshal yang juga pengajar di Universitas Pelita Harapan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

  Selengkapnya di sini

  5. Percepat pemulihan wisata, Sandi Uno ajak dialog pemda se-Indonesia

  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak dialog seluruh kepala dinas pariwisata kabupaten dan kotamadya seluruh Indonesia untuk membahas percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

  Diskusi yang dilakukan secara virtual pada Sabtu itu disebutkan Sandi, sapaan Sandiaga, sebagai langkah percepatan memuihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi COVID-19.

  Selengkapnya di sini

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020