Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (27/12) kemarin, mulai dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang melakukan kunjungan kerja pertamanya di Bali, hingga arus balik libur Hari Raya Natal.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Menparekraf tinjau penerapan protokol kesehatan libur Nataru di Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja pertamanya sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo untuk memastikan penerapan protokol kesehatan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2020 di Bali.

"Kedatangan saya ke Bali ini untuk memastikan protokol kesehatan telah dijalankan dengan disiplin di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, yaitu Bali," ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


2. Bandara Soekarno-Hatta buka layanan tes COVID-19 untuk umum
PT Angkasa Pura II membuka layanan tes COVID-19 di Airport Health Center Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta untuk umum per 27 Desember 2020.

Director of Commercial PT Angkasa Pura Solusi, Yundriati Erdani mengatakan kapasitas per hari Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum adalah 600 - 700 orang untuk tes dengan walk in service, dan 150 orang untuk tes dengan drive thru tes.

Baca selengkapnya di sini


3. Harga Bitcoin menembus Rp400 juta
Bitcoin, mata uang digital kembali mencatatkan harga tertinggi yaitu menembus Rp400 juta pada 27 Desember 2020 atau mengalami peningkatan lebih dari 400 persen dibandingkan harga pada Januari 2020 yang sekitar Rp90 juta.

"Bitcoin sekarang menjadi komoditas yang kian menarik dan secara harga sekarang 1 Bitcoin seperti memiliki satu unit apartemen di Jakarta, " ujar CEO Indodax Oscar Darmawan di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


4. H+1 Natal, ASDP catat 344.000 penumpang lintasi Merak-Bakauheni
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pergerakan penumpang, khususnya di di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni mulai dari H-7 hingga H+1 Natal tercatat sebanyak 344.200 orang, berdasarkan data Posko Merak.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menjelaskan volume tersebut turun 21 persen bila dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 433.000 orang.

Baca selengkapnya di sini


5. Hari pertama arus balik libur Natal, 125.217 kendaraan menuju Jakarta
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 125.217 kendaraan menuju Jakarta pada hari pertama arus balik libur Natal atau Sabtu (26/12).

"Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah timur), GT Cikupa (arah barat) dan GT Ciawi (arah selatan)," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru di Jakarta, Minggu.

Menurut Heru, total volume kendaraan yang menuju Jakarta ini turun 2,2 persen jika dibandingkan kondisi normal.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020