Jakarta (ANTARA) - Menginjak 40-an tahun, kulit akan berubah secara drastis dan cepat, walaupun sebelumnya Anda termasuk yang rajin dalam melakukan rutinitas perawatan kulit, oleh karenanya sangat penting untuk melakukan perawatan ekstra pada usia ini.

Menjaga kesehatan kulit, bukan hanya untuk mencegah penuaan, tapi bagaimana melalui penuaan dengan tetap anggun, sebab pada dasarnya proses penuaan pada seseorang tidak bisa untuk dilawan.

Untuk membuat kulit tetap terlihat sehat di usia 40-an, berikut adalah rangkaian perawatan yang harus Anda dilakukan, menurut Boldsky, Senin.

Baca juga: Langkah mudah membuat kulit tampak sehat alami

1. Hidrasi secara obsesif

Hidrasi adalah kunci kesehatan kulit. Menjaga kelembaban merupakan langkah yang sangat penting seiring bertambahnya usia. Saat Anda mencapai usia 40-an, kulit Anda menua. Produksi kolagen dan sebum di kulit Anda berkurang dan akibatnya, kulit mulai terlihat kusam dan seperti "mati".

Penggunaan pelembab secara teratur akan menghidupkan kembali kulit serta membuatnya lembut dan kenyal.

2. Jangan lupakan leher

Saat merawat wajah, leher adalah bagian yang paling sering dilupakan. Leher Anda adalah salah satu tempat pertama di mana penuaan kulit mulai terlihat. Dengan Anda berusia 40 tahun, leher Anda membutuhkan perhatian lebih dari sebelumnya. Lakukanlah perawatan pada leher sama seperti saat Anda memberinya nutrisi pada wajah.

Baca juga: Rutinitas pagi yang membuat kulit bercahaya

3. Selalu lindungi dari sinar matahari

Kerusakan akibat sinar matahari sangat ekstrem di segala umur, tetapi seiring bertambahnya usia, kerusakan akan semakin parah. Saat berusia 40 tahun, pelindung kulit Anda tidak sekuat sebelumnya. Jadi, sinar yang keras bisa lebih mudah merusak kulit.

Salah satu penyebab penuaan kulit diakibatkan oleh sinar Matahari, maka oleskanlah tabir surya dengan SPF minimal 30 sebelum keluar rumah. Jika Anda tahu akan berada di bawah sinar Matahari untuk waktu lama, tutupi diri dengan syal atau topi untuk perlindungan yang lebih baik.

Baca juga: Sinar matahari pada jam berapa yang bisa bikin kulit gosong?

4. Gunakan serum

Sekarang adalah waktunya untuk memasukkan beberapa produk anti-penuaan ke dalam rutinitas perawatan. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda mulai kehilangan elastisitasnya, produksi kolagen di kulit pun menurun dan akibatnya terlihat kendur.

Serum adalah formula terkonsentrasi yang menargetkan masalah kulit tertentu seperti penuaan sekaligus memberikan hidrasi pada kulit. Saat Anda berusia 40 tahun, gunakanlah serum karena hal ini dapat membuat kulit bercahaya dan menambah elastisitas.

Baca juga: Dokter kecantikan ungkap pentingnya menggunakan serum wajah

5. Perbaiki kualitas tidur

Kulit akan memperbaiki diri saat Anda tidur. Jadi, saat mencapai usia 40-an tahun, sebisa mungkin untuk tidur selama 6-8 jam agar kulit memiliki waktu untuk memperbaiki diri.

Anda juga perlu memasukkan kebiasaan sehat lainnya seperti mengurangi penggunaan ponsel dan sisihkan ponsel setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Kebiasaan ini dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Rutinitas pagi yang membuat kulit bercahaya

6. Makan sehat

Pola makan Anda sangat tercermin dalam penampilan kulit. Singkatnya, diet sehat akan mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda. Jika Anda ingin kulit Anda terlihat luar biasa bahkan di usia 40-an, makanlah dengan hati-hati dan sehat. Kurangi makanan berminyak dan tinggi gula. Gabungkan makanan kaya antioksidan dan banyak buah serta sayuran dalam diet Anda.

7. Konsultasi dengan dokter kulit

Di usia 40-an, penting untuk memiliki pendapat ahli tentang perubahan cepat yang terjadi pada kulit. Jika Anda pernah menderita kelainan kulit atau terus-menerus berjuang dengan kulit kusam dan kering, sekarang saatnya berkonsultasi dengan dokter kulit.

Saat Anda berusia 40 tahun, Anda mungkin memerlukan rutinitas perawatan kulit yang lebih kuat yang mengandung bahan-bahan yang disetujui secara medis. Produk yang Anda beli di toko tidak akan membantu, jadi, lebih baik serahkan pada profesional.

Baca juga: Ini kiat perawatan kulit kering hingga berminyak yang tepat

Baca juga: Slugging, tren kecantikan ala Korea dengan petroleum jelly

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020