Batam (ANTARA) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau, Muhammad Rudi menyatakan siap menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin COVID-19 di kota kepulauan itu.

"Saya yang pertama. Nanti yang kedua Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dan orang ketiga Sekda Jefridin Hamid," kata Wali Kota dalam keterangan tertulis di Batam, Senin.

Ia mengajak masyarakat tidak khawatir mendapatkan vaksinasi COVID-19. Kandungan dalam vaksin itu diharapkan akan mampu membentengi tubuh warga dari Virus Corona.

Wali Kota juga percaya, pemberian vaksin mampu menyelesaikan masalah COVID-19 di kota industri itu. Dan, apabila Virus tidak ada lagi di Batam, maka ekonomi akan pulih.

Baca juga: 40 rumah terbakar di Batam

Baca juga: Mencari jejak Habibie dalam Pilkada Batam


"Ini tugas saya sebagai Wali Kota. Dan ini instruksi langsung dari pemerintah pusat agar masyarakat tidak khawatir saat program vaksinasi dimulai," kata Rudi.

Wali Kota meminta masyarakat tidak mudah termakan isu negatif mengenai rencana pemberian vaksin.

Ia menegaskan pemerintah tidak mungkin menyengsarakan warganya. Sebaliknya, pemberian vaksin justru merupakan upaya pemerintah untuk memulihkan kondisi, mengatasi masalah COVID-19.

Pemerintah kota berharapkan vaksin segera didistribusikan ke daerah, agar bisa dilaksanakan secepatnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota mengingatkan warga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan, agar terhindar dari paparan SARS-CoV-2.

"Penerapan protokol kesehatan tetap diperketat demi memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Wali Kota.*

Baca juga: Wali Kota: 20 investor Singapura siap masuk di Batam

Baca juga: Wali Kota Batam terbitkan aturan penegakan protokol kesehatan

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020