Panglima TNI mutasi 75 Pati, posisi Wakasad dan Kasum TNI masih kosong

Panglima TNI mutasi 75 Pati, posisi Wakasad dan Kasum TNI masih kosong

Suasana upacara Pembaretan Prajurit Korps Marinir di Pantai Baruna Kondang Iwak, Malang, Jawa Timur, Rabu (12/8/2020). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww.

Jakarta (ANTARA) -
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan mutasi jabatan kepada 75 Perwira Tinggi (Pati) TNI, namun jabatan Wakasad dan Kasum TNI masih kosong.
 
Kabidpenpas Puspen TNI Kolonel Laut Edys Riyanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, mengatakan, mutasi jabatan itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1038/XII/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.
 
"Ini dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata Edys.
 
Dalam SK Panglima TNI itu telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 75 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 26 Pati TNI AD, 18 Pati TNI AL dan 31 Pati TNI AU.
Namun dalam mutasi tersebut, Panglima TNI belum menunjuk perwira untuk posisi Kepala Staf Umum TNI yang ditinggalkan oleh Letjen TNI Muhammad Herindra dan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) yang ditinggalkan oleh Letjen TNI Herman Asaribab yang meninggal dunia karena sakit pada 14 Desember lalu.
 
Letjen TNI Muhammad Herindra sendiri saat ini telah dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Pertahanan.
 
Selain Letjen TNI Muhammad Herindra, Pati yang dimutasi dan mendapatkan promosi jabatan, antara lain, Mayjen TNI Agus Dhani Mandaladikari dari Kadilmiltama Mahkamah Agung menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI, Brigjen TNI Kuat Budiman, S.I.P. dari Athan RI Beijing, Tiongkok menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Eri Radityawara Hidayat dari Kadispsiad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).
 
Dari TNI AL, antara lain, Mayjen TNI (Mar) Budi Purnama dari Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal, Laksma TNI Nur S. Prihartono dari Kadiskomlekal menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI, Laksma TNI Asep Wawan Winandi dari Pa Sahli Tk. II Was Eropa dan AS Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal, Laksda TNI S Thamrin dari Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan menjadi Koorsahli Kasal.
 
Dari TNI AU, antara lain, Marsda TNI Kukuh Sudibyanto dari Aslog Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsda TNI Dento Priyono dari Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI menjadi Aslog Panglima TNI, Marsda TNI Irwan Is. Dunggio dari Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Deny Muis dari Wadan Paspampres menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Bayu Hendra Permana dari Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem menjadi Athan RI Beijing, Tiongkok.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

DPR belum terima Surat Presiden terkait calon Panglima TNI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar