Jakarta (ANTARA) - Tiga pilar di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, menggelar operasi kemanusiaan dengan membagikan bantuan pandemi COVID-19, berupa sembako dan mengadakan tes cepat gratis guna menekan laju penyebaran COVID-19.

Bantuan tersebut dibagikan ke warga sekitar serta pengguna jalan yang melintas di sekitar lampu merah Cengkareng, Selasa.

"Kegiatan ini kami lakukan secara berkelanjutan selama Operasi Lilin Jaya 2020, kami melakukan tes cepat bagi pengguna maupun pengendara jalan yang melanggar protokol kesehatan" ujar Kapolsek Cengkareng Kompol Egman.

Kapolsek mengatakan dalam operasi kemanusiaan tersebut, bagi yang kedapatan melanggar protokol kesehatan, pihaknya tidak melakukan penindakan. Artinya, dalam operasi kemanusiaan itu, pelanggar hanya menjalani tes cepat.

Dalam operasi tersebut, pihaknya juga memberikan paket sembako, dengan harapan tersampaikannya imbauan kepada masyarakat untuk lebih peduli menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 100 alat tes cepat disediakan setiap hari selama Operasi Lilin Jaya 2020 berlangsung.

"Kami menjaring 20 pelanggar protokol kesehatan, dari hasil tes cepat, semua pelanggar dengan hasil non-reaktif," kata Egman.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Danramil Cengkareng Kapten Cpl Edi Moerdoko menyebut sinergitas tiga pilar dalam operasi kemanusiaan tersebut menjadi kunci menekan kenaikan angka kasus COVID-19.

"Kita mengetahui bahwa penanganan COVID-19 ini tidak bisa melakukan hanya satu pihak, melainkan secara bersama sama, dan peran aktif masyarakat sangat besar dalam upaya menekan laju penyebaran virus ini, " ujarnya.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020