Liga Inggris

Leeds berondong lima gol ke gawang West Brom

Leeds berondong lima gol ke gawang West Brom

Bek sayap Leeds United Ezgjan Alioski (kiri) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Selasa (29/12/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Tim Keeton)

Jakarta (ANTARA) - Leeds United memberondong lima gol ke gawang West Bromwich Albion untuk membukukan kemenangan 5-0 dalam laga pekan ke-16 Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Tak seperti juara bertahan Liverpool yang gagal mengonversi dominasi mereka kontra West Brom dua hari lalu, Leeds mampu memanfaatkan 75 persen bola menjadi lima gol ke gawang tim besutan Sam Allardyce.

Bahkan gol pertama yang melesak ke gawang West Brom dicetak oleh gelandang bertahan mereka sendiri, Romain Sawyers, yang secara ceroboh mengirim umpan balik ketika dikawal Rodrigo Moreno tanpa melihat kiper Sam Johnstone sudah meninggalkan gawang pada saat laga baru berjalan sembilan menit.

Baca juga: Allardyce pamer kebolehan demi stop tren kandang sempurna Liverpool

Sejak itu Leeds terus menggempur pertahanan West Brom dan pada menit ke-31 Ezgjan Alioski bereaksi cermat ketika menyambar bola muntah untuk menyarangkannya ke area tiang jauh.

Lima menit kemudian, pemain pinjaman Manchester City Jack Harrison mencetak gol ketiga Leeds setelah menyelesaikan situasi umpan satu dua bersama Patrick Bamford dengan sepakan keras ke pojok kiri atas gawang.

West Brom yang berusaha keluar dari tekanan memaksa bek sayap Darnell Furlong melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti tetapi bola masih melayang di atas mistar gawang.

Lantas pada menit ke-40 Rodrigo menambah keunggulan Leeds jadi 4-0 setelah ia menyambut umpan sodoran Mateusz Klich dengan tembakan sentuhan pertama yang sempat membentur bek West Brom sehingga bola berbelok membuat Johnstone terkecoh.

Baca juga: Penalti Patrick Bamford bawa Leeds atasi Burnley

Keunggulan empat gol membuat Leeds sedikit menurunkan tempo serangan mereka di babak kedua, tetapi pada menit ke-72 Raphinha melepaskan tembakan keras setelah menerima umpan dari Stuart Dallas untuk memperbesar keunggulan jadi 5-0.

Leeds terus berusaha menambah gol tiap kali memiliki penguasaan bola, tetapi Marcelo Bielsa patut puas dengan skor kemenangan 5-0 saat peluit tanda laga usai berbunyi.

Kemenangan itu mengangkat posisi Leeds ke urutan ke-11 dengan raihan 23 poin, sedangkan West Brom ajeg di posisi kedua dari dasar klasemen dengan delapan poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kedua tim kembali bermain pada Sabtu (2/1) akhir pekan ini, saat West Brom menjamu Arsenal dan Leeds melawat ke markas Tottenham Hotspur.

Baca juga: Arsenal lanjutkan momentum positif berkat peran "supersub" Lacazette
Baca juga: Kelanjutan Liga Inggris terancam menyusul rekor kasus positif COVID-19
Baca juga: Ralph Hasenhuettl WFH saat Southampton jamu West Ham

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar