Polres Cianjur dirikan tiga pos khusus pemburu keramaian

Polres Cianjur dirikan tiga pos khusus pemburu keramaian

Petugas gabungan memperketat pemeriksaan surat bebas Covid-19 antigen, bagi pengendara luar kota yang hendak menghabiskan libur panjang akir tahun di kawasan Puncak-Cianjur, Jawa Barat, Rabu (30/12). ANTARA/Ahmad Fikri

Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, mendirikan tiga pos khusus di jalur utama Puncak-Cianjur, untuk memburu keramaian menjelang malam pergantian tahun, pos tersebut didirikan di kawasan Puncak-Cipanas dan Pos Aju TMC Tugu Lampu Gentur-Cianjur, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Polres Cianjur membentuk tim khusus memburu keramaian selama libur panjang natal dan tahun baru. Kami tidak hanya membubarkan kerumunan namun warga dan pusat keramaian yang tidak menerapkan protokol kesehatan akan mendapat sanksi tegas jika melanggar," kata Kepala Polres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai, di Cianjur Jawa Barat, Rabu.

Selama libur panjang natal dan tahun baru, ungkap dia, pihaknya tidak akan memberikan izin keramaian bagi siapapun terutama untuk menggelar acara yang dapat mengundang kerumunan warga, sehingga berisiko tinggi terjadinya penularan Covid-19.

Baca juga: Jalur Puncak-Cianjur ditutup pada malam pergantian tahun

Sementara Kabag Ops Polres Cianjur, AKP Alan Haikel, menambahkan, tim khusus nantinya akan bergabung dengan unsur lainnya seperti dari Satpol PP Cianjur, personel Kodim 0608/Cianjur, Dinas Perhubungan, PMI dan BPBD.

"Tim akan dibagi menjadi tiga kelompok yang ditempatkan di lokasi berbeda tim 1 dan 2 di wilayah Puncak dan Cipanas, tepatnya di Pos Segar Alam-Puncak Pass dan di Polsek pacet, sedangkan tim terakhir di TMC Tugu Lampu Gentur.

“Sasarannya pusat keramaian seperti tempat hiburan, rumah makan, dan cafe serta warung pinggir jalan yang tidak menutup tempatnya saat malam tahun baru. Sesuai protokol kesehatan diharapkan agar tidak terjadi kerumunan, kita berupaya mencegah terjadinya klaster baru setelah pergantian tahun," katanya.

Baca juga: Jalur Puncak Bogor ditutup selama 12 jam pada malam Tahun Baru 2021

Sedangkan terkait penyekatan dan pemeriksaan surat keterangan bebas Covid-19, kata dia, akan terus digelar diseumlah titik mulai dari wilayah utara hingga selatan Cianjur, dengan melibatkan seluruh jajaran yang setiap tahun ramai dikunjungi wisatawan dan pendatang.

"Untuk wilayah perbatasan di selatan Cianjur, pos pemeriksaan atau chek point melibatkan jajaran Polsek dan tim gabungan dari TNI dan aparat kecamatan, harapan kami penularan Covid-19 menjelang dan setelah tahun baru dapat ditekan, warga juga dapat mematuhi larangan tidak menggelar acara saat tahun baru," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menhub resmikan reaktivasi jalur KA Ciranjang-Cipatat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar