Generasi muda Indonesia dan Rusia berhimpun dalam IRYA

Generasi muda Indonesia dan Rusia berhimpun dalam IRYA

Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarusia Jose Tavares (kiri) dalam peresmian IRYA di Moskow, Rusia, Selasa (29/12/2020). (ANTARA/HO-KBRI Moskow)

Kami ingin menjembatani pemuda kedua bangsa supaya semua aspirasi dapat tersalurkan, baik melalui hubungan baik antara Indonesia dengan Rusia, maupun kegiatan-kegiatan diplomasi yang berupa soft power diplomacy
Jakarta (ANTARA) - Para pemuda Indonesia dan Rusia kini dapat tergabung dalam suatu wadah perhimpunan bernama IRYA, Indonesia-Russia Youth Association, yang baru diresmikan di Rusia pada Selasa (29/12).

"IRYA sangat penting sebagai jembatan hubungan antara bangsa Indonesia dan Rusia," kata Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarusia Jose Tavares dalam peresmian IRYA, dikutip dari keterangan KBRI Moskow yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Ini merupakan bagian dari bukti eratnya hubungan Indonesia dengan Rusia, tidak saja di kalangan pemerintah, tetapi juga di kalangan pemuda kedua negara," kata Jose menambahkan.

Baca juga: Millennial jadi jembatan hubungan Indonesia dan Rusia
Baca juga: KBRI Moskow ajak pemuda Rusia kenali dan cintai Indonesia


Lebih lanjut, Jose menyebut pembentukan IRYA akan lebih menggiatkan lagi hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact) kedua negara, khususnya bertepatan dengan peringatan 70 tahun relasi diplomatik Indonesia-Rusia di tahun ini.

KBRI Moskow mengatakan bahwa IRYA digagas oleh mahasiswa Indonesia di Rusia, yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira), serta para mahasiswa, akademisi, profesional Rusia yang mempunyai ketertarikan terhadap Indonesia.

"Kami ingin menjembatani pemuda kedua bangsa supaya semua aspirasi dapat tersalurkan, baik melalui hubungan baik antara Indonesia dengan Rusia, maupun kegiatan-kegiatan diplomasi yang berupa soft power diplomacy," kata Ketua IRYA, Alfachreza Azure.

Alfachreza juga merupakan satu dari sekitar 700 mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi di Rusia, yang tersebar di 38 kota. Kebanyakan dari mereka memperoleh beasiswa dari Pemerintah Rusia.

Baca juga: Dubes: Tembang Rayuan Pulau Kelapa tandai kedekatan Indonesia-Rusia
Baca juga: Indonesia siap kerja sama dorong promosi ASEAN di Rusia

Pewarta: Suwanti
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menakar posisi tawar Indonesia dalam kompetisi vaksin dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar