Denpasar (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mencatat untuk jumlah konsumsi BBM jenis Gasoline diantaranya Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo untuk daerah wisata wilayah Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB (Jatimbalinus) stabil jelang libur tahun baru.
 
"Khusus untuk destinasi wisata di Jatimbalinus, hingga Minggu (27/12) kemarin, tercatat angka rata-rata konsumsi harian BBM pada masa Natal dan tahun baru cenderung terjadi sedikit perubahan namun tetap terbilang stabil, jika dibandingkan dengan penyaluran harian pada masa normal,"kata Manager Region Retail Sales V, I Ketut Permadi Aryakuumara dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Bali, Rabu.
 
Ia menjelaskan beberapa tujuan wisata seperti Kota Batu, Jawa Timur, penyaluran BBM jenis gasoline jenis premium, pertalite, pertamax dan pertamax turbo stabil di angka 101 Kilo Liter (KL) per hari. Untuk BBM jenis gasoil diantaranya biosolar, dexlite dan pertamina dex sedikit bertambah sebesar tiga persen, menjadi 27 KL per hari.
 

Baca juga: Pertamina prediksi konsumsi elpiji dan BBM turun di akhir tahun


Sementara itu, untuk wilayah Malang Raya, penyaluran produk BBM gasoline stabil di angka 1.165 KL per hari dan produk BBM gasoil turun lima persen ke angka 375 KL per hari. Ketut menjelaskan untuk wilayah Banyuwangi, penyaluran kedua jenis produk BBM tersebut mengalami penurunan, produk BBM gasoline turun sebanyak tiga persen atau 476 KL per hari dan gasoil sebanyak empat persen atau 227 KL per hari.

Ketut mengatakan untuk Provinsi Bali, BBM jenis gasoline sedikit bertambah sekitar empat persen menuju angka 2.143 KL per hari. Begitu juga dengan BBM jenis gasoil sekitar enam persen menjadi 471 KL per hari.
 
Untuk wilayah Pulau Lombok, NTB, terjadi penambahan penyaluran BBM gasoline sebesar 15 persen atau 1.023 KL per hari, dan BBM gasoil sebesar empat persen atau 262 KL per hari. Sedangkan untuk wilayah NTT, khususnya di Labuan Bajo, permintaan produk BBM gasoline stabil di angka 881 KL per hari dan produk BBM gasoil turun hingga 13 persen, menjadi 360 KL per hari.


Baca juga: Pertamina tambah stok, antisipasi naiknya konsumsi BBM akhir tahun
 

Ketut mengatakan selain penyaluran BBM, juga ada 858 agen dan 6.257 pangkalan LPG siaga Pertamina di Jatimbalinus, yang selama masa Satgas Nataru ini mencatatkan peningkatan angka rata-rata konsumsi harian sebesar lima persen, dari 5.350 Metrik Ton (MT), menjadi 5.600 MT per harinya. Layanan agen dan pangkalan LPG telah siap dengan pasokan dalam kondisi yang cukup, pada masa liburan akhir tahun 2020.
 
"Konsumsi energi baik BBM dan LPG di daerah tujuan wisata pada masa-masa liburan biasanya akan berubah, seiring dengan bertambahnya jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang, termasuk di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT," ucapnya.


Baca juga: Konsumsi BBM di Yogyakarta naik 6 persen pada libur panjang pekan lalu

Baca juga: Konsumsi BBM di Jalan Tol Sumatera naik selama libur cuti bersama
 
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020