DKPKP DKI jamin ikan di Pasar Grosir Muara Angka aman

DKPKP DKI jamin ikan di Pasar Grosir Muara Angka aman

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliwati mengecek timbangan akurat yang disediakan di Pasar Grosir Ikan Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (30/12/2020). ANTARA/HO-DKPKP DKI Jakarta/aa.

Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menjamin ketersediaan dan keamanan ikan yang dijual di Pasar Grosir Muara Angke, Jakarta Utara, menjelang pergantian tahun.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliwati menyebutkan, mulai Rabu hingga Kamis (31/12) pihaknya menyediakan layanan uji formalin gratis bagi warga yang membeli ikan di Pasar Grosir Ikan Muara Angka.

"Masyarakat yang membeli ikan di Pasar Grosir Muara Angke bisa melakukan uji formalin di fasilitas yang telah kita sediakan," kata Elly.

Selama dua hari tersebut, DKPKP DKI Jakarta menyediakan mobil laboratorium keliling milik Pusat Produksi Inspeksi Sertifikasi Hasil Perikanan (PPISHP) di Pasar Grosir Ikan Muara Angke.

Layanan ini disediakan untuk menjamin keamanan pangan produk perikanan bagi warga Jakarta mengingat menjelang pergantian tahun, permintaan akan ikan di Pasar Grosir Ikan Muara Angke meningkat drastis. Pada hari biasa, penjualan ikan mencapai 208 ton.

"Hari normal, penjualan ikan di Pasar Grosir Muara Angka sebanyak 208 ton, jelang tahun baru mencapai 500 ton," kata Elly yang menambahkan layanan uji formalin tersebut disediakan gratis untuk masyarakat.

Baca juga: Pengecer ikan di Muara Angke akui pendapatan berkurang 70 persen
Baca juga: Nelayan sebut tumpahan minyak tak pengaruhi ikan di Kepulauan Seribu
Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menyediakan layanan mobil laboratorium keliling untuk menguji kandungan formalin ikan di Pasar Grosir Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (30/12/2020). ANTARA/HO-DKPKP DKI Jakarta/aa.
Menurut Elly, sudah menjadi tradisi setiap menjelang tahun baru, warga ramai-ramai membeli ikan untuk dibakar bersama keluarga.

Terlebih di masa pandemi COVID-19, adanya pengetatan aktivitas warga, maka kegiatan pergantian tahun baru dirayakan di rumah saja.

"Pasar Grosir Ikan Muara Angke adalah salah satu sentra penjualan ikan segar terbesar di Jakarta dan telah menjadi favorit sebagai tempat berbelanja ikan menjelang tahun baru," kata Elly.

Selain menjamin keamanan pangan, DKPKP DKI Jakarta juga memastikan berat ikan yang dibeli oleh masyarakat sesuai timbangan. "UPT Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan menyediakan timbangan akurat," kata Elly.

Jika berat ikan yang dibeli kurang setelah ditimbang dengan timbangan akurat yang disediakan UPT Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan, maka pembeli dapat melaporkan kepada petugas.

Selanjutnya petugas akan menegur pedagang tersebut agar menyesuaikan dengan berat ikan yang sebenarnya.

Hadirnya dua layanan ini, Elly berharap dapat dimanfaatkan oleh para pembeli ikan eceran di Pasar Grosir Ikan Muara Angke. "Untuk itu warga Jakarta jangan ragu berkunjung dan berbelanja ikan segar di Pasar Grosir Ikan Muara Angke," kata Elly.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Riau resmi miliki laman PPDB daring tahun 2021/2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar