Satgas Pamtas Yonif 516/CY patroli simpatik di perbatasan RI-PNG

Satgas Pamtas Yonif 516/CY patroli simpatik di perbatasan RI-PNG

Satgas Pamtas Yonif 516/CY melakukan patroli simpatik kepada warga kampung Upkim Kabupaten Boven Digoel berbatasan dengan RI-Papua Nugini. ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih.

Asiki,Boven Digoel (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 516/CY mengadakan patroli simpatik dengan warga dalam rangka menjaga keamanan di daerah perbatasan RI-Papua Nugini di wilayah kampung Upkim Distrik Waropko Kabupaten Boven Digoel.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin dalam dalam keterangan yang diterima ANTARA di Asiki Kabupaten Boven Digoel, Kamis, mengatakan tugas pokok dari Satgas Pamtas RI-PNG salah satunya adalah menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-PNG dari pelintas batas orang yang berkewarganegaraan lain masuk ke Indonesia secara ilegal.

Baca juga: Satgas 125/Si'mbisa bersihkan jalan Kampung Toray di perbatasan RI-PNG

"Begitupun sebaliknya maka dari itu pos-pos yang berdekatan secara langsung dengan batas negara dengan negara lain setiap saat melaksanakan patroli di wilayahnya," tegasnya.

Dansatgas Letkol Radhi Rusin mengatakan, inti dari diadakan patroli ini adalah menjaga dari kemungkinan tindakan yang ilegal baik itu pelintas batas maupun penyelundupan narkoba maupun penyerobotan batas wilayah negara yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, Danpos Upkim Letda Inf Aribat mengatakan, patroli simpatik ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap warga yang ada di perbatasan RI-PNG.

Ia menyebut, dalam pelaksanaan kegiatan tidak hanya terfokus kepada patroli akan tetapi anggota memberikan bantuan sembako sehingga diharapkan simpatik warga kepada aparat keamanan terjalin dengan erat dan apa bila terjadi tindakan ilegal di perbatasan supaya warga dengan cepat melaporkan kepada pos satgas.

Baca juga: Satgas Pamtas Yonif 125/Si'mbisa bagi bingkisan Natal anak perbatasan

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar