Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (30/12) kemarin, mulai dari rupiah yang menguat tajam di akhir tahun hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang berada di zona merah pada hari perdagangan terakhir 2020 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Rupiah akhir tahun ditutup menguat tajam, dekati Rp14.000 per dolar
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir tahun ditutup menguat mendekati level psikologis Rp14.000 per dolar AS.

Rupiah Rabu sore ditutup menguat 80 poin atau 0,57 persen ke posisi Rp14.050 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.130 per dolar AS.

Baca selengkapnya di sini


2. Proyek baterai listrik senilai Rp142 triliun segera dimulai
Proyek pengembangan baterai kendaraan listrik terintegrasi senilai 9,8 miliar dolar AS (setara Rp142 triliun) di Indonesia akan segera dimulai setelah ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara konsorsium BUMN dengan LG Energy Solution Ltd, anak perusahaan konglomerasi LG Group.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dengan LG Energy Solution di Seoul, Korea Selatan pada 18 Desember 2020 dan disaksikan oleh Menteri Perdagangan, Perindustrian dan Energi Korea Selatan Sung Yun-mo.

Baca selengkapnya di sini


3. BEI: Meski pandemi, 51 perusahaan catatkan saham di bursa
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengatakan sebanyak 51 perusahaan telah mencatatkan sahamnya di bursa sepanjang 2020, meskipun pandemi COVID-19 menghantam pasar modal Indonesia.

"Di tengah Pandemi COVID-19, minat perusahaan untuk masuk ke pasar modal tidak surut. Hingga 30 Desember 2020, telah terdapat 51 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering atau IPO dan mencatatkan saham di BEI. Sehingga, sampai dengan saat ini terdapat 713 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di BEI. Indonesia pun masih menjadi bursa dengan jumlah IPO terbanyak di ASEAN," ujar Inarno saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini


4. Kemenhub umumkan pemenang proyek Pelabuhan Patimban

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan pemenang proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, adalah konsorsium Patimban yang selanjutnya akan melaksanakan proyek dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha/KPBU selama 40 tahun sejak tanggal operasi tahap 1.

“Proses dan pengumuman pemenang telah dilakukan sesuai ketentuan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu.


Baca selengkapnya di sini


5. IHSG akhir tahun ditutup di zona merah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir tahun ditutup di zona merah dibayangi sentimen pandemi COVID-19 yang masih merebak secara global dan domestik.

IHSG Rabu sore ditutup melemah 57,1 poin atau 0,95 persen ke posisi 5.979,07. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 10,71 poin atau 1,13 persen ke posisi 934,89.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Kemarin, Krakatau Steel terbitkan obligasi hingga IHSG tertekan
Baca juga: BI siapkan lima jurus dukung pemulihan ekonomi 2021
Baca juga: ADB: Sektor transportasi jadi soko guru ekonomi Indonesia pada 2021

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020