Pilihan hidangan menyehatkan malam Tahun Baru

Pilihan hidangan menyehatkan malam Tahun Baru

Ilustrasi - Sayuran dan daging tusuk. ANTARA/Pixabay.

Jakarta (ANTARA) - Merayakan malam pergantian tahun tak berarti melupakan asupan menyehatkan untuk tubuh Anda. Ada berbagai pilihan hidangan yang bisa Anda siapkan dan santap nanti malam.

Salah satunya udang panggang. Satu porsi udang matang (dengan bobot 3,5 ons) mengandung sekitar 99 kalori, kurang dari satu gram lemak dan 24 gram protein, menjadikannya pilihan rendah kalori dan tinggi protein.

"Jangan panggang roti apapun. Cobalah udang panggang, ayam atau daging sapi dengan tusuk satai mini untuk makanan pembuka seukuran gigitan," kata pakar diet Breea Johnson seperti dikutip dari Livestrong.

Baca juga: Sup "oranye" untuk tingkatkan imunitas dan buat kulit jadi "glowing"

Baca juga: Resep "Peanut Butter Chocolate Chips", kudapan sehat hanya lima bahan


Tambahkan sedikit rasa pada udang tanpa menumpuk banyak kalori yakni menambahkan sayuran panggang, kucai, bawang putih, dan sedikit minyak zaitun.

Jika Anda ingin menambah hidangan sayuran yang ditusuk seperti satai, Johnson merekomendasikan kombinasi bergizi tomat, zucchini, brokoli, bawang, dan sayuran favorit lainnya.

Anda juga bisa menambahkan sepotong kecil keju mozzarella segar. Lalu, jika Anda ingin menambahkan daging, pilihlah yang tanpa lemak seperti ayam panggang.

Jangan lupa siapkan saus yang lezat seperti saus daun bawang lemon atau salah satu dari banyak saus berbahan dasar kecap. Pastikan untuk menggunakan kecap asin untuk mengurangi natrium.

Pilihan makanan lainnya, keripik kale. Sayuran ini dikemas dengan nutrisi seperti senyawa flavonoid seperti lutein, zeaxanthin, beta karoten dan antioksidan yakni vitamin A, C, B-6 dan K, dan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium , besi dan fosfor.

Ganti keripik kentang dengan keripik kale panggang untuk pilihan yang sehat dan ringan. Cukup siapkan kale dan potong kecil-kecil. Aduk potongan dengan garam dan minyak zaitun dan panggang sampai renyah sekitar 20 menit.

Kalaupun masih ingin menyantap kentang goreng, Anda bisa membuatnya lebih sehat. Chef asal Amerika, Devin Alexander seperti dilansir dari Shape.com menyarankan Anda merebus kentang dulu selama 2-3 menit lalu keringkan. Tambahkan minyak zaitun dan pangganglah.

Hidangan ini hanya punya kurang dari sepertiga lemak dari makanan serupa yang disajikan di restoran cepat saji.

Untuk mendapatkan bonus serat, jangan buang kulitnya karena di sana terkandang setidaknya 50 persen serat.

Baca juga: Tips masak kentang goreng sehat nan lezat bak di resto cepat saji

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar