Situasi pandemi COVID-19 tidak membuat KPK lalai dalam memberantas korupsi.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengapresiasi capaian kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama tahun 2020 yang menunjukkan lembaga tersebut bekerja dengan penuh komitmen untuk memberantas korupsi di Tanah Air.

"Saya turut memantau kemarin penyampaian dari Pak Firli, dan harus diakui memang kinerja KPK di bawah beliau tahun ini patut diacungi jempol. KPK tidak hanya galak dalam hal penindakan, tetapi juga pencegahan," kata Sahroni dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ia mengemukakan hal itu terkait dengan capaian kerja KPK pada tahun 2020, antara lain realisasi asset recovery yang mencapai 84 persen. Selain itu, KPK juga mendapatkan predikat A untuk sistem akuntabilitas kinerjanya.

Baca juga: KPK pastikan terus kawal anggaran penanganan COVID-19

Sahroni menilai langkah pencegahan cukup baik karena KPK punya berbagai program, seperti koordinasi dengan puluhan lembaga untuk mencegah korupsi sampai program pendidikan.

Ia juga mengapresiasi kerja cepat KPK dalam menyesuaikan program-program antikorupsinya setelah wabah COVID-19 muncul karena situasi pandemi nyatanya tidak membuat KPK lalai dalam memberantas korupsi.

"Terbukti KPK bekerja cepat dalam mengawasi berbagai program pengadaan COVID-19 di kementerian. Jadi, meskipun sedang mengalami pandemi, prinsip clean government tetap dikedepankan," ujarnya.

Sahroni berkomitmen penuh untuk terus mendukung KPK dalam menjalankan tugasnya pada tahun 2021.

Baca juga: Firli: Tak elok bandingkan kinerja KPK dengan tahun sebelumnya

Politikus Partai NasDem itu meyakini KPK akan makin bertaji dan makin galak dalam memberantas koruptor pada tahun 2021.

"Komisi III DPR akan mendukung kinerja KPK dalam pemberantasan korupsi," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020