Pemakaman tumpang COVID-19 di Pondok Ranggon khusus keluarga

Pemakaman tumpang COVID-19 di Pondok Ranggon khusus keluarga

Foto kolase suasana lokasi pemakaman jenazah bagi yang meninggal dunia karena terkait COVID-19 Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon pada Selasa (8/9/2020) (kiri) dan suasana lokasi pemakaman jenazah bagi yang meninggal dunia karena terkait COVID-19 TPU Pondok Ranggon di Jakarta, Jumat (2/10/2020) (kanan). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas lahan untuk pemakaman jenazah bagi yang meninggal dunia karena terkait COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, dengan pembukaan tahap pertama sekitar 7.141 meter persegi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.

Jadi pemakaman tumpang itu dilakukan pada jenazah yang sudah ada keluarga yang dimakamkan. Pemakaman tumpang dilakukan dimungkinkan setelah tiga tahun pemakaman keluarga sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pemakaman tumpang jenazah COVID-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur, diperuntukkan khusus keluarga yang dipernah dimakamkan di lokasi itu.

"Jadi pemakaman tumpang itu dilakukan pada jenazah yang sudah ada keluarga yang dimakamkan. Pemakaman tumpang dilakukan dimungkinkan setelah tiga tahun pemakaman keluarga sebelumnya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjawab pertanyaan masyarakat lewat unggahan instagramnya "@bangariza", Kamis.

Pria yang akrab disapa Ariza itu mengatakan sejauh ini tidak ada warga yang memprotes pemakaman tumpang karena jenazah yang dimakamkan biasanya memiliki hubungan keluarga dengan jenazah sebelumnya.

"Pada umumnya keluarga atau ahli waris tidak ada yang mempermasalahkan dilakukan pemakaman tumpang bagi keluarga inti antara anak dan orang tua suami dan istri dan lain sebagainya," ujar Ariza.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini tengah menyiapkan lahan pemakaman baru bagi jenazah COVID-19 di kawasan utara Jakarta tepatnya di Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan.

"Kami sedang mengupayakan sebaik mungkin untuk memastikan pemakaman lahan baru bagi korban COVID-19 di TPU Rorotan di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Tahap pertama seluas 8.000 meter persegi dari dua hektare yang dapat menampung sekitar 1.500 petak makam," ungkap Ariza.

Lebih lanjut selain sudah ada 1.500 petak makam yang dapat digunakan, ke depannya Pemprov DKI Jakarta masih akan mematangkan lahan seluas 25 hektare di TPU Rorotan.

"Kami akan terus melakukan pematangan lahan di TPU Rorotan yang luasnya 25 hektare. Semua sedang kami koordinasikan setiap pagi hingga sore, semoga dalam waktu cepat sudah bisa digunakan," ujar Ariza.

 Baca juga: DKI izinkan jenazah COVID-19 dimakamkan di luar TPU khusus
Baca juga: TurunTangan dan PPA salurkan bantuan untuk petugas TPU Tegal Alur
Baca juga: Pemprov DKI siapkan lahan pemakaman jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cerita Wagub Ahmad Riza Patria sembuh dari COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar