Bandung (ANTARA) - Petugas kepolisian mulai melakukan penutupan ruas jalan di tengah Kota Bandung, khususnya di Jalan Braga yang kerap menjadi titik keramaian masyarakat pada malam pergantian tahun baru.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan penutupan itu dilakukan guna menekan aktivitas masyarakat hingga tidak ada kerumunan.

Baca juga: Polisi minta warga Bandung tak rayakan tahun baru di fly over baru

"Supaya tidak ada kerumunan masyarakat atau berkumpul, jadi cukup di rumah saja dan tidak melakukan sesuatu yang berlebihan," kata Ulung di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Adapun penutupan di Jalan Braga (pendek) itu mulai dilakukan sebelum pukul 18.00 WIB. Sedangkan Jalan Braga (panjang) masih belum dilakukan penutupan guna menguras kendaraan keluar dari wilayah tersebut.

Selain itu sepanjang Jalan Asia-Afrika juga sudah dilakukan penutupan. Aparat kepolisian yang bermotor juga sudah berkeliling melakukan peringatan kepada masyarakat untuk membubarkan diri menggunakan pengeras suara.

Selain di wilayah tersebut, Ulung juga mengatakan kegiatan penutupan serta pembubaran juga dilakukan di sejumlah titik yang berpotensi ada kerumunan masyarakat.

"Titik fokusnya disini ada di pusat kota, alun-alun, Asia Afrika, Dago, Tegalega, dan di perbatasan kota, serta di titik lainnya yang berpotensi ada keramaian," kata Ulung.

Baca juga: Polisi batal tutup jalur Puncak Bogor selama 12 jam

Dalam rangka penanganan COVID-19 ini, menurutnya partisipasi masyarakat cukup penting untuk menekan kasus COVID-19 yang terus meningkat di Kota Bandung.

"Partisipasi masyarakat juga turut diperlukan dalam rangka kegiatan pengamanan ini," katanya.

Sebelumnya, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung menerapkan rekayasa penutupan sejumlah jalan raya pada malam tahun baru 2021 guna mencegah kerumunan masyarakat.

Kepala Bagian Operasional (KBO) Satlantas Polrestabes Bandung AKP Dody Kuswanto mengatakan 23 titik jalan raya yang ditutup itu dibagi ke dalam Ring 1, Ring 2. Menurutnya ada salah satu jalan yang ditutup sejak pukul 17.00 WIB, sedangkan sisanya ditutup sejak pukul 18.00 WIB.

"Penutupan dan penyekatan jalan menggunakan waterbarrier mulai Pukul 18.00 WIB sampai dengan 05.00 WIB kecuali Jalan Dipatiukur dilakukan penutupan jalan lebih awal mulai Pukul 17.00 WIB," kata Dody di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/12).

Baca juga: Malam tahun baru, 23 titik jalan di Bandung ditutup sejak sore
Baca juga: Satuan Tugas lacak penularan COVID-19 di kompleks pesantren Aa Gym

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020