pengawasan diperketat pada 12 lokasi keramaian di enam kecamatan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 640 personel satuan polisi pamong praja (Satpol PP) diturunkan mengawasi pergerakan masyarakat pada malam pergantian tahun 2020 di Jakarta Utara untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"640 personel Satpol PP diturunkan untuk memperketat pengawasan pada 12 lokasi keramaian di enam kecamatan," kata Walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Satpol PP Jaksel tutup tiga tempat usaha langgar Sergub

Lokasi itu yakni Taman Impian Jaya Ancol, Danau Sunter Barat, Danau Sunter Timur, Taman Waduk Pluit, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo), Jalasena Pantai Maju atau Kawasan Golf Island Pantai Indah Kapuk (Pantai Maju).

Kemudian Taman Jogging Kelapa Gading, Kawasan Jalan Banjir Kanal Timur, Plasa Mangga Dua Square, Kawasan Jalan Benyamin Sueb, Kawasan Sentra Perikanan Muara Angke dan Stadion Kamal Muara.

Sigit menyatakan untuk usaha restoran atau kafe, dipastikan petugas memberikan imbauan penutupan jam operasional mulai pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Warga Jakut diimbau tidak berwisata saat libur Natal dan tahun baru

Penutupan itu berdasarkan Seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 17 Tahun 2020 dan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan COVID-19 di Masa libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Penutupan sementara dilakukan pada 25 Desember, 31 Desember 2020, dan 1 Januari 2021.

Kepala Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Majid meminta warga untuk tidak berwisata dan tetap beraktivitas di rumah saat pergantian tahun baru 2020 ke 2021.

Baca juga: Satpol PP Jaksel kenakan sanksi 60 tempat usaha pelanggar PSBB

"Semua pihak berupaya mengurangi terjadinya lonjakan penyebaran COVID-19,” kata Yusuf.

Untuk mencegah terjadinya kerumunan, Yusuf memastikan tim terpadu terus melakukan operasi kemanusiaan dari petugas Satpol PP, TNI-Polri, Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD), hingga unsur kelurahan dan kecamatan.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020