Jakarta (ANTARA) - Tenaga kesehatan yang diinapkan di fasilitas hotel milik BUMD Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board) selama pandemi COVID-19 ini menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan menuliskan harapannya di pohon Natal.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, hal tersebut seperti yang dilakukan para tenaga kesehatan (nakes) di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Mereka menuliskan harapannya di secarik kertas kemudian digantung pada pohon Natal  di lobi hotel.

Berbagai harapan dari tenaga kesehatan yang telah berbulan-bulan berjuang menangani pasien COVID-19 tergantung di pohon Natal. Sebagian besar mengharapkan pandemi COVID-19 segera selesai sehingga kehidupan dapat berangsur-angsur kembali seperti sedia kala.

"Walaupun Natal tahun ini berbeda dengan sebelumnya, jangan biarkan sukacitamu padam, tetap sukacita yaa…, Nakes 2020," tulis tenaga kesehatan dalam catatan harapannya.

Tergantung pula harapan di tahun 2021 agar kondisi Jakarta serta tenaga kesehatan dapat menjadi lebih baik lagi. "Semoga di tahun yang baru menjadi awal yang baru pula, pandemi segera berakhir dan hidup normal lagi," tulis tenaga kesehatan lainnya.

"Semoga corona cepat sirna dan semangat terus buat tim medis, semangat," tulis tenaga medis dengan tujuan memberikan semangat bagi rekan-rekan sesama tenaga kesehatan.

Grand Cempaka dalam perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 menghadirkan pohon Natal dan mengajak tenaga kesehatan untuk menyampaikan harapan terbaiknya. Pihak manajemen mempersiapkan pohon Natal dan kartu ucapan yang dapat digantung di pohon tersebut.

Para tenaga kesehatan antusias mengisi harapan terbaiknya dalam kartu ucapan cukup tinggi. Sekitar 200 kartu ucapan berisi harapan-harapan manis tergantung cantik pada pohon Natal.

Baca juga: Berhasil tingkatkan finansial, Dirut Jaktour raih penghargaan MOTY
Baca juga: Dirut Jakarta Tourisindo raih Anugerah Humas Indonesia 2020
Salah satu harapan yang digantungkan di pohon natal yang disiapkan di Hotel bagi Tenaga Kesehatan di Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. (ANTARA/HO/Dokumentasi Jaktour)

Direktur Utama Jakarta Experience Board Novita Dewi mengatakan bahwa Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 harus dirayakan dengan berbeda. Pandemi yang masih melanda Indonesia dan bahkan seluruh dunia memaksa untuk benar-benar menghayati arti kesederhanaan.

Novita menyebut "Jakarta Experience Board" selalu berupaya menjadikan hotel-hotelnya sebagai rumah kedua dan karyawan hotel dapat menjadi keluarga bagi para tenaga kesehatan.

Harapan-harapan dari tenaga kesehatan yang tergantung di pohon Natal, menurut Novita, mencerminkan harapan agar pandemi dapat secepatnya selesai.

Hal tersebut sejalan dengan pesan yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya di acara Christmas in Jakarta #2020 secara virtual pada (23/12) lalu yang menekankan kesederhanaan dalam perayaan natal tahun ini.

Dari informasi yang didapatkan, enam unit hotel milik Jakarta Experience Board (Jaktour) saat ini menjadi tempat akomodasi bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19 di DKI Jakarta, sebagai implementasi kolaborasi Pemprov DKI dan BUMD dalam program penanganan pandemi COVID-19 di DKI Jakarta.

Pewarta: Livia Kristianti dan Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021