Jakarta (ANTARA) - Manchester United bersiap mengawali tahun baru ini mengganggu hegemoni Liverpool, sang juara bertahan yang menutup tahun 2020 dalam posisi di puncak klasemen Liga Premier Inggris.

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer akan bergabung dengan sang juara bertahan di puncak dengan 33 poin jika mereka mengalahkan Aston Villa, Jumat atau Sabtu WIB, ketika pasukan Juergen Klopp tidak bermain hingga Senin.

Juergen Klopp memang mengatakan dia tidak "terlalu frustrasi" setelah melihat timnya ditahan imbang tanpa gol di Newcastle, Rabu. Namun, poin yang hilang sia-sia membuat Liverpool gagal memperlebar keunggulan menjadi lima poin atas rival sengitnya United menuju tahun baru.

Liverpool kini telah mengalami tiga kali seri dari lima pertandingan Liga Premier terakhir mereka, termasuk hasil imbang 1-1 yang mengecewakan akhir pekan lalu melawan West Brom yang sedang terseok-seok.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: MU pepet Liverpool dengan jarak dua poin
Baca juga: Gol larut Marcus Rashford menangkan MU atas Wolverhampton


Gelandang James Milner memperhatikan kebangkitan Manchester United dan telah memperingatkan Liverpool yang dilanda cedera bahwa mereka harus melanjutkan kerja keras atau berisiko kehilangan mahkota mereka.

Liverpool dan United adalah dua klub tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris tetapi kedua klub bersimbol warna merah ini jarang berada dalam performa terbaik pada waktu bersamaan.

Dibutuhkan pemain-pemain yang bernyali untuk bersaing melawan Liverpool, dan Manchester United kini dianggap sebagai penantang yang lebih mungkin daripada tetangga mereka Manchester City.

Meskipun masih ada pertanyaan seputar pertahanan United, ada momentum di Old Trafford dan keyakinan yang berkembang bahwa mereka dapat meningkatkan kinerja dan saat ini adalah kesempatan yang terbuka untuk merengkuh gelar juara pertama kalinya sejak Alex Ferguson pensiun pada 2013.

Baca juga: Liverpool tutup tahun 2020 di puncak meski kehilangan sisi klinis
Baca juga: Liverpool bak macan ompong ketika seri 0-0 di kandang Newcastle


Pada pertandingan lain, akan terjadi duel paling menarik akhir pekan ini antara Chelsea asuhan Frank Lampard melawan Manchester City asuhan Pep Guardiola di Stamford Bridge, Minggu

Chelsea tampaknya telah menemukan keseimbangan yang baik. Setelah kekalahan awal dari Liverpool, mereka memulai rekor tak terkalahkan yang panjang, tetapi mereka tersesat dalam beberapa pekan terakhir. Skuat Lampard hanya mengambil empat poin dari lima pertandingan terakhir mereka.

Chelsea sekarang mengumpulkan 26 poin atau sejajar dengan City, yang masih memiliki dua pertandingan di tangan. Pasukan Guardiola diam-diam mengumpulkan serangkaian hasil yang mengesankan menyusul awal yang lambat dalam perburuan gelar Liga Inggris.

Pertandingan Chelsea dan City akan berlangsung sengit karena baik Lampard maupun Guardiola Meskipun tidak ingin mengambil risiko tertinggal lebih jauh di belakang Liverpool, yang memiliki kemampuan untuk terus bertahan dalam rekor tak terkalahkan.

City memiliki pertandingan ekstra di tangan karena pertandingan mereka melawan Everton, Minggu ini ditunda setelah wabah COVID-19 menerjang kubu City.

Pelatihan tim City telah dilanjutkan dan klub mengatakan putaran pengujian baru COVID-19 belum mengungkapkan adanya kasus positif baru.

Menyusul kabar terbaru dari City, Liga Inggris mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi bahwa pertandingan di Chelsea, Minggu akan tetap berlangsung.

Baca juga: Chelsea ditahan imbang Aston Villa di Stamford Bridge
Baca juga: Liga Premier umumkan jadwal baru laga tunda MU dan City


Di awal tahun baru ini juga menarik untuk menyaksikan sepak terjang Jose Mourinho bersama Tottenham Hotspur.

Hanya beberapa minggu yang lalu Tottenham berada di puncak Liga Premier dan terlihat menjelma menjadi penantang yang kredibel. Namun, sekarang mereka tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen setelah dua kali imbang dan dua kekalahan dalam empat pertandingan terakhir mereka.

Mourinho mungkin harus bersiap menghadapi frustrasi lebih lanjut minggu ini karena penundaan yang diberlakukan oleh virus corona.

Mourinho mengatakan timnya harus berbuat lebih banyak untuk membangkitkan permainan setelah kebobolan di menit akhir dalam hasil imbang 1-1 yang mengecewakan di Wolves.

Mou berdalih suasana hatinya tidak terbantu oleh penundaan pertandingan kandang Spurs melawan Fulham pada hari Rabu dengan pemberitahuan tiga jam setelah wabah virus korona di kamp tim tamu.

Tottenham akan menjamu Leeds pada hari Minggu dalam pertandingan yang juga menjanjikan tontonan sengit mengingat pasukan Marcelo Bielsa hanya tiga poin di belakang Spurs setelah bangkit kembali dengan dua kemenangan menyusul kekalahan 2-6 yang memalukan di Old Trafford.

Baca juga: Fulham batalkan laga kontra Spurs karena temuan baru COVID-19
Baca juga: Gol larut Wolverhampton batalkan kemenangan Tottenham
Baca juga: Edinson Cavani buka suara usai diskorsing FA


Berikut jadwal pertandingan pekan pertama di tahun baru.

Sabtu (WIB)
Everton v West Ham (00:30)
Manchester United v Aston Villa (03:00)
Tottenham v Leeds (19:30)
Crystal Palace v Sheffield United (22:00)

Minggu
Brighton v Wolves (00:30)
West Brom v Arsenal (03:00)
Burnley v Fulham (19:00)
Newcastle v Leicester (21:15)
Chelsea v Manchester City (23:30)

Senin
Southampton v Liverpool (03:00)

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021