WhatsApp tidak bisa beroperasi di ponsel "jadul"

WhatsApp tidak bisa beroperasi di ponsel "jadul"

Ilustrasi - Logo Whatsapp ditampilkan di smartphone. ANTARA/Foto oleh Filip Radwanski / SOPA Images / Sipa USA/pri.

Jakarta (ANTARA) - Aplikasi pesan instan WhatsApp tidak lagi bisa dijalankan di sejumlah ponsel yang menggunakan sistem operasi lama mulai 1 Januari 2021.

Melalui laman bantuan, WhatsApp menuliskan aplikasi ini bisa berjalan di sistem operasi minimal Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich. Ponsel juga harus bisa menerima SMS dan telepon ketika proses verifikasi.

Sementara untuk iPhone, aplikasi ini mengharuskan sistem operasi iOS 9 ke atas. WhatsApp menyatakan mereka tidak bisa memberikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan "jailbreak".

Dikutip dari laman The Independent, Jumat, saat ini perangkat iOS model lama yang masih bisa menjalankan iOS 9 antara lain iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6 dan iPhone 6s.

Sementara pengguna ponsel Android yang masih menggunakan sistem operasi di bawah Ice Cream Sandwich, antara lain Gingerbread dan Honeycomb, harus memperbarui sistem operasi hingga ke batas minimal penggunaan WhatsApp.

Jika sistem operasi di ponsel sudah tidak bisa diperbarui, pengguna disarankan membeli ponsel baru jika tetap ingin menggunakan WhatsApp.

Diperkirakan pembaruan ini tidak akan berdampak pada mayoritas pengguna WhatsApp. Laman 9to5Google pada April 2020, mengutip data dari Google, bahwa penggunaan Android Ice Cream Sandwich hanya 0,2 persen dari total distribusi Android.

Baca juga: Sejumlah ponsel terancam tak dapat gunakan WhatsApp mulai 1 Januari

Baca juga: Cara belanja kado Natal lewat WhatsApp

Baca juga: WhatsApp bawa panggilan suara dan video ke desktop tahun depan

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mudahnya belanja di pasar tradisional via WhatsApp

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar