Pelindo 1 optimistis mampu catat kinerja positif 2020

Pelindo 1 optimistis mampu catat kinerja positif 2020

Penyambutan kapal perdana sandar di Tahun 2021 di dermaga Domestik TPK Belawan, tanggal 01 Januari 2021. ANTARA/HO-Pelindo 1.

Kapal terakhir ini menandai kepercayaan dan kerja sama yang terus meningkat antara Pelindo 1 dan para mitranya
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 optimistis mampu mencatatkan kinerja positif pada 2020 meski dibayangi pandemi COVID-19.

Kapal MV Meratus Medan 5 dengan muatan 654 box atau 868 teus tujuan Singapura menjadi kapal terakhir yang lepas sandar dari Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan di terminal A atau terminal internasional pada tahun 2020.

"Kapal terakhir ini menandai kepercayaan dan kerja sama yang terus meningkat antara Pelindo 1 dan para mitranya. Pelindo 1 berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya," kata General Manager TPK Belawan, Indra Pamulihan dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan, pelepasan kapal itu dan kapal lainnya di pelabuhan Pelindo 1 mengakhiri capaian positif perseroan sepanjang tahun 2020 yang cukup menantang.

Di tengah pandemi yang meluluhlantakkan perekonomian nasional dan global, ia mengatakan, Pelindo 1 tetap mampu mencatat kinerja positif.

Hingga November 2020, Pelindo 1 melayani kunjungan kapal dengan total volume angkutan sebesar 145,19 juta GT (Gross Tonnage), meningkat 22,3 persen dibandingkan November 2019 yang sebanyak 118,7 juta GT.

Adapun bongkar muat peti kemas sampai dengan November 2020 mencapai 1,06 juta box, naik 14,3 persen bila dibandingkan dengan periode sama pada tahun 2019 yang sebesar 0,93 juta box.

Dalam satuan TEUs, bongkar muat peti kemas mencapai 1,29 juta TEUs, tumbuh 13,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1,14 juta TEUs.

Sementara itu, kapal perdana yang bersandar pada hari pertama tahun 2021 di terminal A TPK Belawan yakni kapal MV Daya Maju pada pukul 08.00 WIB.

Perseroan pun menggelar penyambutan dan pemberian apresiasi kapal perdana itu. Pemberian apresiasi dilakukan oleh Komisaris Pelindo 1, Ahmad Perwira Mulia Tarigan kepada nahkoda kapal, Capt. Kaung Khant Zaw didampingi General Manager TPK Belawan, Indra Pamulihan.

“Pelindo 1 diharapkan  bisa terus meningkatkan pelayanan dan kerja sama yang selama ini sudah terjalin. Semoga dengan pergantian tahun ini memberikan semangat baru untuk menyediakan jasa kepelabuhanan yang semakin baik,” ujar Ahmad Perwira Mulia Tarigan.

Kapal MV Daya Maju berangkat dari Portklang Malaysia dan sandar di TPK Belawan dengan membawa muatan 197 box atau 303 TEUs.

Pelepasan kapal terakhir 2020 dan penyambutan kapal perdana juga dilakukan di seluruh cabang milik Pelindo 1.

"Apresiasi pelepasan kapal terakhir dan penyambutan kapal perdana di pergantian tahun merupakan bentuk customer service excellence dari Pelindo 1 agar kerja sama dan sinergitas dengan para pengguna jasa menjadi semakin lebih baik," kata VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Ia menambahkan kegiatan itu juga sebagai salah satu momentum untuk meningkatkan kinerja dan semangat dalam menyambut tahun 2021.

Baca juga: Pelindo 1 jamin kenyamanan penumpang libur Natal-Tahun Baru 2021
Baca juga: IPC jamin operasional pelabuhan normal selama libur akhir tahun

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BUMN berbagi keceriaan Nataru di Kepulauan Riau

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar