Kota Kupang siapkan 1,4 ton abate cegah DBD

Kota Kupang siapkan 1,4 ton abate cegah DBD

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Retnowati. ANTARA/Benny Jahang

Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur menyiapkan 1,4 ton abate guna membantu mencegah terjadinya serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Kami sudah melakukan antisipasi terhadap terjadinya serangan DBD saat perlihan musim dari kemarau ke musim penghujan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg Retnowati ketika dihubungi di Kupang, Sabtu.

Baca juga: Enesis donasikan produk kesehatan cegah DBD kala pandemi

Retnowati mengatakan hal itu terkait upaya antisipasi Dinas Kesehatan Kota Kupang dalam menghadapi kemungkinan terjadinya kasus DBD yang sering melanda daerah ini saat peralihan musim.

Ia mengatakan, Kota Kupang masuk dalam daerah rawan kasus DBD yang sering melanda daerah ini pada saat mulai peralihan musim.

Baca juga: Bebenah rumah cegah demam berdarah

Retno mengatakan, Dinas Kesehatan NTT menyiapkan 1,4 ton abate untuk dibagikan secara gratis kepada warga di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini.

"Kami sudah distribusikan abate ke Puskesmas dan pustu di Kota Kupang untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Bagi masyarakat yang membutuhkan abate agar datang ke Puskesmas," kata Retnowati.

Baca juga: Jelang musim penghujan, Pemkot Jakarta Pusat siaga cegah DBD

Ia berharap masyarakat Kota Kupang untuk tetap mengantisipasi terjadinya DBD dengan rutin memperhatikan kebersihan lingkungan rumah agar bersih dari sarangan nyamuk.

Retno mengatakan menjaga kebersihan lingkungan yang bersih dan sehat sangat efektif dalam mengantisipasi munculnya kasus serangan DBD.

Sesuai data pada Dinas Kesehatan Kota Kupang saat ini sudah sembilan orang warga daerah ini yang meninggal akibat DBD pada 2020.

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Update banjir bandang NTT : korban hilang menjadi 48 orang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar