Liga Inggris

Mourinho bertemu santapan matang saat Tottenham lahap Leeds 3-0

Mourinho bertemu santapan matang saat Tottenham lahap Leeds 3-0

Penyerang Tottenham Hotspur Son Heung-min (kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol kedua timnya ke gawang Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Sabtu (2/1/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Ian Walton.

Jakarta (ANTARA) - Jose Mourinho seperti bertemu santapan matang saat timnya Tottenham Hotspur melahap Leeds United dengan skor 3-0 dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Sabtu.

Mourinho seperti biasanya membiarkan tim lawan mendominasi penguasaan bola dan menghajar secara efisien ketika ada kesempatan terbuka.

Keberadaan Marcelo Bielsa sebagai manajer Leeds adalah antitesis paling terang dari filosofi sepak bola Mourinho, sebab pelatih asal Argentina itu selalu berusaha menguasai jalannya pertandingan dan menyerang kendati dalam situasi setimpang apa pun.

Maka, yang terjadi adalah Leeds memiliki 63 persen penguasaan bola sepanjang laga, tetapi berakhir dengan gawangnya tiga kali dibobol oleh Tottenham lewat Harry Kane, Son Heung-min dan Toby Alderweireld.

Baca juga: Mourinho tak mau dipusingkan soal statistik penguasaan bola

Leeds berusaha membombardir tembok pertahanan Tottenham sejak sepak mula, tetapi tembakan Ezgjan Alioski hanya menghantam jaring luar gawang dan sundulan Patrick Bamford masih melambung terlalu tinggi.

Pada menit ke-28, tuan rumah mendapat hadiah tendangan penalti dari wasit David Coote yang menyatakan Alioski melanggar jatuh Steven Bergwijn di dalam area terlarang.

Kesempatan itu dimanfaatkan sempurna oleh Kane yang mengkonversinya ke tengah gawang, ketika kiper Illan Meslier terlanjur meloncat ke sisi kiri, demi membuka keunggulan Tottenham atas Leeds pada menit ke-29.

Lima menit berselang, Rodrigo Moreno berpeluang membalas untuk Leeds tetapi tembakannya masih mudah diamankan kiper Hugo Lloris.

Alih-alih membalas, gawang Leeds malah kebobolan lagi dua menit jelang turun minum saat Son mampu berlari kencang ke dalam kotak penalti untuk menyelesaikan umpan tarik Kane dan menggandakan keunggulan Tottenham.

Dengan gol tersebut, Son kini sudah mengoleksi 100 gol untuk Tottenham di semua kompetisi sejak diboyong dari Bayer Leverkusen pada 2015 silam.

Lima menit memasuki babak kedua giliran Alderweireld yang menjebol gawang Leeds dengan sundulan menyambut sepak pojok dari Son demi membuat Tottenham kian punya modal besar tampil tanpa tergesa-gesa.

Baca juga: Bale dipastikan absen beberapa pekan karena cedera
Baca juga: Bielsa bertekad pertajam serangan Leeds


Leeds tetap gagal menjebol gawang Tottenham hingga akhir laga. Tottenham sendiri menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain setelah Matt Doherty menerima kartu kuning kedua pada menit kedua injury time, tetapi tetap menang 3-0 ketika peluit tanda bubaran berbunyi.

Hasil itu membuat Tottenham menyodok naik ke urutan ketiga klasemen dengan koleksi 29 poin, sedangkan Leeds (23) tak beranjak dari posisi ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Leeds selanjutnya akan melawat ke markas tim kasta keempat Crawley Town untuk laga putaran ketiga Piala FA pada Sabtu (9/1).

Sedangkan Tottenham akan memainkan laga semifinal Piala Liga Inggris melawan tim strata kedua Brentford pada Selasa (5/1) sebelum melawat ke tim kasta kedelapan, Marine, di putaran ketiga Piala FA lima hari kemudian.

Baca juga: Fulham catatkan kasus COVID-19 baru, laga kontra Burnley ditunda
Baca juga: Manchester United terus tancap gas saat bekuk Aston Villa 2-1
Baca juga: West Ham awali 2021 dengan pecundangi Everton di Goodison Park

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar