Liga Prancis

PSG umumkan Mauricio Pochettino sebagai bos baru mereka

PSG umumkan Mauricio Pochettino sebagai bos baru mereka

Mauiricio Pochettino berpose dengan jersey Paris Saint-Germain selepas diumumkan sebagai manajer baru klub Prancis itu pada Sabtu (2/1/2021). ANTARA/HO/PSG/pri.

Jakarta (ANTARA) - Paris Saint-Germain pada Sabtu resmi mengumumkan penunjukan Mauricio Pochettino sebagai manajer baru mereka menyusul pemecatan Thomas Tuchel medio Natal 2020.

Seturut laman resmi PSG, Pochettino diberi kontrak hingga 30 Juni 2022 dengan klausul opsi perpanjang setahun.

Penunjukan ini berarti Pochettino kembali ke PSG, klub yang pernah ia bela semasa masih menjadi pemain berposisi bek tengah pada 2001-2003 bahkan sempat mengemban ban kapten di sana.

Pochettino pernah membantu PSG menjuarai kompetisi minor Eropa, Piala Intertoto, pada 2001 dan mengantarkan Le Parisien ke final Piala Prancis semusim kemudian.

"Saya senang dan terhormat dipercaya menjadi pelatih baru Paris Saint-Germain," kata Pochettino dikutip dari laman resmi PSG.

"Sebagaimana Anda semua tahu klub ini punya tempat spesial di hati saya. Saya punya kenangan manis di sini, terutama atmosfer unik Parc des Princes," ujarnya menambahkan.

Baca juga: PSG resmi pecat pelatih Thomas Tuchel

Ketua Umum dan CEO PSG, Nasser Al-Khelaifi, menegaskan penunjukan Pochettino --pelatih kelima sejak kepemilikan Qatar Sports Investments-- sesuai dengan ambisi klub.

"Saya turut bangga melihat mantan kapten kembali ke PSG, memperlihatkan klub ini tetap menjadi rumahnya," kata Al-Khelaifi.

"Kembalinya Mauricio sesuai dengan ambisi kami dan ini akan menjadi bab menarik baru klub ini dan saya yakin bakal dinikmati penggemar. Dengan menunjuk Mauricio Pochettino, PSG berkomitmen untuk terus membangun dan memajukan tim ini menyongsong masa depan," pungkasnya.

Kendati mampu membawa PSG mencicipi final Liga Champions musim lalu, kerja Tuchel dianggap kurang memuaskan dan Le Parisien saat ini berada di urutan ketiga klasemen Liga Prancis dengan koleksi 35 poin setelah empat kali kalah dan 11 kali menang dalam 17 pertandingan.

Pochettino tiba di Paris dengan modal hanya membawa Tottenham Hotspur ke final Piala Liga Inggris 2014/15 dan Liga Champions 2018/19.

Pochettino bakal memimpin laga pertamanya mendampingi PSG dengan bertandang ke markas AS Saint-Etienne untuk pertandingan putaran ke-18 Liga Prancis pada Rabu (7/1) pekan depan.

Baca juga: Raymond Domenech jadi pelatih Nantes
Baca juga: Klasemen Liga Prancis pekan ke-17: Lyon akhiri 2020 sebagai pemuncak

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar