Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Nasser al-Attiyah keluar sebagai yang tercepat untuk kategori mobil pada etape prolog Reli Dakar 2021, Sabtu.

Etape prolog, yang pertama kalinya hadir dalam sejarah Reli Dakar, berlangsung di rute berpasir sejauh 11 kilometer di dekat kota Jeddah.

Pebalap asal Qatar al-Attiyah menyelesaikan etape prolog dalam waktu lima menit 48 detik, demikian catatan resmi Dakar.

Dengan keunggulan tersebut, pebalap Toyota Attiyah yang juga juara reli ketahanan tiga kali itu bakal start terdepan saat mengawali etape perdana Reli Dakar 2021 yang digelar pada Minggu (3/1).

Sementara itu, pebalap Spanyol Carlos Sainz harus puas berada di posisi ke-28 dengan catatan waktu enam menit 24 detik.

Baca juga: Dakar kembali jelajahi gurun Arab Saudi pada 2021 dengan rute baru

Pada kategori sepeda motor, etape prolog dipimpin oleh pebalap Amerika Serikat Ricky Brabec. Pebalap Honda yang juga juara bertahan itu mencatatkan waktu enam menit satu detik.

Untuk kategori quadbike, pebalap Yamaha mendominasi. Alexandre Giroud mencatatkan waktu tujuh menit 35 detik, unggul satu detik dari rekannya, Manuel Andujar.

Pebalap AS Austin Jones memimpin etape prolog kategori SSV usai mencatatkan waktu enam menit 43 detik.

Siarhei Viazovich asal Belarusia memuncaki kategori truk dalam waktu enam menit 38 detik, terpaut satu detik dari rekannya sesama pebalap MAZ, Aliaksei Vishneuski.

Reli Dakar 2021 akan kembali dihelat di Arab Saudi pada 3-15 Januari. Etape pertama akan dimulai dengan jarak tempuh 622 km dari Jeddah ke Bisha.

Baca juga: Reli Dakar 2021 siap taklukkan ganasnya gurun pasir Arab Saudi
Baca juga: Batasi alokasi ban belakang, Dakar 2021 tekankan aspek keselamatan


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021