Jakarta (ANTARA) - Setelah melewati masa pandemi COVID-19 yang serba sulit, penyanyi dan aktor Calvin Jeremy mengaku justru melihat banyak hal baik yang terjadi pada 2020.

Pemain film "Terlalu Tampan" itu mengatakan mendapat beberapa pekerjaan selama pandemi, meski awalnya dia harus jatuh bangun untuk mendapatkan penghasilan.

"Sebelum pandemi aja aku udah segitu kerja kerasnya gimana pandemi. Jadi aku sempat mikir, ya sudahlah mungkin ini waktunya istirahat kayak mau nyerah tapi saat mau nyerah dapat proyek, kayak podcast dengan Kaskus yang akhirnya nemenin teman-teman saat puasa, jadi host," kata Calvin kepada ANTARA, Minggu.

Baca juga: Selalu gagal casting, akhirnya Calvin Jeremy sukses dapat peran

"Terus dari content creator juga kan pasti memanfaatkan sosial media. Justru 2020 kalau enggak ngelihat pandeminya, banyak hal baik sebenarnya," lanjut pelantun "Nostalgia" itu.

Calvin mengatakan tidak terlalu kaget dengan perubahan cara kerja yang terjadi selama pandemi. Sebab sejak dulu dia sudah terbiasa berjuang untuk pekerjaannya.

"Jadi sebelum pandemi aku tuh secara mental juga udah terlatih untuk keep on moving forward, bukan yang ngerasa udah aman, manggung sebulan aman, duit ada, tapi harus melangkah," ujar Calvin.

Selain bermusik dan main film, Calvin juga memiliki bisnis di bidang konten kreatif digital yang bernama Atbic. Dia juga sedang menempuh pendidikan S2 di Asian Institute of Management, Filipina untuk mendapat gelar Master in Entrepeneurship.

"Aku percaya kalau kita punya niat baik dan tetap berusaha, berdoa pasti jalannya dibukakan. Makanya optimis juga di 2021, kalau 2020 aja bisa melalui apalagi 2021, pasti lebih siap lagi," kata pemain film "KKN Desa Penari" itu.

Baca juga: Vaksin bukan akhir, gaya hidup sehat adalah kebutuhan

Baca juga: Calvin Jeremy dan Abdul & The Coffee Theory kolaborasi dalam lagu baru

Baca juga: Sambut Ramadhan, Kaskus Podcast hadirkan "2 Doa 1 Dunia"

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021