Jakarta (ANTARA) - Leicester City mengamankan kembali posisi ketiga Liga Inggris setelah menundukkan tuan rumah Newcastle United 2-1 dalam laga pekan ke-17 di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Minggu.

Tim besutan Brendan Rodgers itu kini mengoleksi 32 poin dan kembali ke posisi ketiga klasemen yang sempat diduduki Tottenham Hotspur 24 jam sebelumnya.

Sedangkan Newcastle (19) yang menelan kekalahan ketiga dalam tren buruk tak pernah menang dalam lima laga terakhir, tertahan pada urutan ke-15 setelah disalip Crystal Palace yang mengoleksi 22 poin semalam, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Jamie Vardy menyarangkan bola ke gawang Newcastle hanya 12 menit setelah kickoff tetapi gol itu dianulir karena dia sudah dalam posisi offside ketika James Maddison mengirim umpan terobosan.

Pertandingan babak pertama berakhir tanpa gol setelah minim peluang di mana satu-satunya tembakan tepat sasaran diperlihatkan Joelinton untuk tuan rumah yang mudah diamankan kiper Kasper Schmeichel.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris selepas Tottenham kembali tembus tiga besar

Sepuluh menit memasuki babak kedua kebuntuan terpecahkan manakala Maddison menyelesaikan sodoran Vardy dengan tembakan sentuhan pertama untuk memperdaya kiper Karl Darlow dan membawa Leicester membuka keunggulan atas Newcastle.

Maddison hampir menggandakan keunggulan Leicester pada menit ke-62 tetapi tembakan jarak jauhnya melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-71, para pemain Leicester menuntut hadiah tendangan penalti setelah sundulan sapuan Ciaran Clark malah membuat bola mengenai lengan rekannya DeAndre Yedlin, tetapi wasit Robert Jones mengabaikan permintaan tersebut.

Satu menit kemudian Youri Tielemans menggandakan keunggulan dengan tembakan keras setelah menyelesaikan umpan silang Marc Albrighton yang tak bisa dihalau Darlow.

Leicester hampir memperlebar keunggulan pada menit ke-76, tetapi tembakan Vardy yang tak mampu dijangkau Darlow jatuh di atas mistar gawang. Kendati demikian, jika masuk pun itu akan dianulir karena Vardy sudah offside.

Baca juga: Newcastle ditekuk tim Championship, Bruce tampung hujan kritik

Newcaslte memperkecil ketertinggalan pada menit ke-82 saat Andy Carroll menyambar bola muntah hasil sapuan tak sempurna Timothy Castagne menyusul sebuah tendangan bebas.

Leicester berpeluang memulihkan keunggulan dua gol, tetapi Harvey Barnes gagal menaklukkan Darlow ketika sudah satu lawan satu dan kesempatan lainnya dari Barnes masih melenceng dari sasaran.

Hasil itu membuat Leicester selalu menang dalam lima laga tandang melawan Newcastle yang menyamai rekor serupa setiap melawat ke West Bromwich Albion.

Leicester selanjutnya menghadapi tim divisi dua Stoke City dalam putaran ketiga Piala FA  Sabtu pekan ini, sedangkan Newcastle bertandang ke Arsenal.

Baca juga: Gundogan tidak kaget Werner dan Havertz sulit adaptasi ke Liga Premier
Baca juga: Robertson mau awali 2021 dengan kukuhkan posisi Liverpool di puncak
Baca juga: Nasib Aston Villa dan Sheffield United bagai bumi dan langit

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021