Jakarta (ANTARA) - Athletic Bilbao pada Senin memecat Gaizka Garitano dari kursi pelatih kepala hanya beberapa jam setelah mengalahkan Elche 1-0 dalam laga pekan ke-17 Liga Spanyol.

Kendati alasan pemecatan Garitano tak diungkapkan oleh tim ini, agaknya mantan pelatih kepala tim cadangan Bilbao itu kehilangan pekerjaannya karena awal musim yang kurang bagus.

Garitano dipromosikan dari tim cadangan dan menangani tim utama Bilbao sejak 5 Desember 2018 setelah Josu Urrutia dipecat.

Mewarisi Bilbao yang menghuni  zona degradasi, Garitano mengantarkan klub Basque itu finis urutan kedelapan musim 2018/2019.

Kendati gagal memperbaiki posisi akhir Bilbao dalam musim penuh pertamanya yang malah melorot ke urutan ke-11 musim lalu, Garitano membawa Los Leones ke final Copa del Rey yang pertandingannya belum dimainkan karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Bilbao kembali ke jalur kemenangan saat tundukkan Elche
Baca juga: RFEF dukung keinginan finalis Piala Raja tampil disaksikan penonton


"Klub berterima kasih kepada Gaizka dan jajaran stafnya atas kerja dan dedikasi yang mereka perlihatkan sejak mewarisi tim dalam situasi sulit ini. Kami mendoakan yang terbaik bagi masa depan mereka," kata Bilbao dalam lamannya.

Sayang grafik penampilan Bilbao semakin memburuk musim ini setelah hanya menang enam kali dari 17 pertandingan yang delapan lainnya berupa kekalahan.

Bilbao saat ini berada pada urutan kesembilan dengan koleksi 21 poin dan akan melawat ke pemuncak klasemen Atletico Madrid Sabtu pekan ini.

Garitano menjadi pelatih kedua yang kehilangan pekerjaan di  Liga Spanyol musim ini setelah Oscar Garcia dipecat Celta Vigo pada 9 November 2020.

Bilbao berharap tren positif yang dialami Celta sejak menunjuk pelatih baru Eduardo Coudet yang mencatat lima kemenangan dari delapan laga, menular ketika mereka memilih pelatih baru nanti.

Baca juga: Luis Suarez kirim Atletico kembali ke puncak klasemen
Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid buka 2021 rebut posisi puncak

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021